SUKABUMI,
Jujur, Adil dan
Professional merupakan modal utama bagi H. Moch Muraz,
SH, MM, dalam meniti karirnya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan
Pemerintah Kota Sukabumi, beranjak dari
mulai Staf Sekretariat DPRD tahun 1975, Lima tahun kemudian tepatnya tgl
29 april 1980 berdasarkan Surat Keputusan Walikotamadya memperoleh kepercayaan diangkat menjadi
Kepala sub Bag keuangan dan pada tahun 1984 alih tugas menjadi Kepala sub bagian persidangan dan Risalah. Selanjutnya
berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat tahun 1987 menjabat
sebagai Kasie Pendapatan Lain-lain.
Baru saja menjabat 1
tahun H. Moch. Muraz, SH MM tahun 1988, berdasarkan Surat Keputusan
Walikotamadya dianngkat menjadi Wakil Direktur Bank Pasar dan pada tahun 1989
berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat menduduki jabatan baru yakni
menjadi Kepala Bagian Hukum dan Ortak, dari
Tahun 1992 hingga tahun 1995
menduduki jabatan baru yakni menjadi
Kepala Bagian Keuangan .
Melalui kerja keras, kerja cerdas, kerja ichlas dan
kerja tuntas ( 4 As ), H. Moch. Muraz, SH MM tahun 1996 kembali meniti
karirnya memperoleh kepercayaan untuk menjabat
sebagai Kepala Dinas Pendapatan
Daerah (Dipenda).
Kemudian dari tahun 2000 hingga tahun 2011
menjadi Asisten administrasi dan tepatnya
pada tanggal 7 Oktober 2003 kembali
memperoleh kepercayaan untuk menduduki dipuncak kariernya sebagai
Pegawai Negeri Sipil yakni menjadi Sekretaris Daerah( Sekotda).
Jabatan lain, Organisasi tingkat Kota,
Kualifikasi akademis, pengalaman mendidik mengajar dan melatih, mengikuti
pendidikan dan pelatihan, diklat pungsional, pengalaman mengajar , kegiatan
lain di bidang pendidikan , pengalaman mengikuti seminar workshop dan
lokakarya, pengalaman seminar di luar negeri .
Jabatan Lain H. Moch.
Muraz, SH MM, Ketua Pembina Yayasan Kusuma Bangsa, Ketua Dewan Pembina Unsi
(Pendiri), Ketua Pembina STIKES Sukabumi, Ketua Badan Pengawas Bank Pasar,
Ketua Badan Pengawas PDAM 2003-2010, Ketua Badan PD Apotek waluya 2003-2008,
Wakil Ketua Dewan Pembina RSUD Syamsudin SH, Sekeretrias Apeksi se wilayah III
(Provinsi Banten, DKI, Jabar, Jateng, DIY dan Jatim, Ketua Anggaran Pemkot
Sukabumi, Ketua Tim Baperjakat dan Ketua Dewan pembina panasehat Hukum Pemkot Sukabumi.
Orgabisasi tingkat Kota
Sukabumi, Ketua Umum Korpri, Annggota Dewan penasehat MUI, Wakil Ketua Dewan
Pertimbangan BAZ, Ketua UMUM LPTQ, ketua penggerak penghapal Alquran, ketua DKM
masjid Al Ichlas, Ketua Umum IPSI, Ketua Umum PTMSI, Ketua IK STH Pasundan ,
Penasehat KBP 3, Ketua Dewan Penasehat Soksi,
Pengalaman mendidik,
mengajar dan melatih, Ceramah umum diklat prajabatan/Diklatpim IV,Ceramah umum
penataan organisasi pada era undang-undang nomor 22/1999, Ceramah umum
transportasi Rekrutmen pejabat Pemda Kota Sukabumi era undang2 no 22/1999,
Ceramah umum potensi dan kebijakan pemerintah Kota Sukabumi era undang2 nomor
22/1999.
Pengalaman mengikuti
pendidikan dan pelatihan Sepala tahun 1991, Diklat PIM III (Spama) 1995, Diklat
PIM Tk.IIm Lulus Diklat PIM I, Training of Trainer/TOT kewidyaiswaraab tingkat
dasar(TOT Umum), Strategis management in local government, Training of
trainer/Training of Expert Akuntabilitas kinerja instansi Pemerintah
(TOT/TEAKIP), Teknik dan Management kebijakan public, dan Brainware Management
Workshop.
Diklat Fungsional,
Pelatihan Analisis jabatan , Pemantapan mekanisme dan teknis penyelesaian
sengketa hukum, Pendidikan penyidik pegawai negeri sipil (PPNS), Program
latihan keuangan daerah, Teknik fungsional management perkantoran, Pendidikan
dan Pelatihan Teknik Fungsional bidang pendapatan daerah tipe B, Pendidikan dan Pelatihan Reinventing
government management pemerintah provinsi jabar, Pembekalan teknis management
strategis dan teknik penganggaran keuangan bagi anggota DPRD dan pejabat
pemerintah daerah, Workshop Evaluasi implementasi pelaksanaan otonomi daerah
bagi pejabat propinsi,Kabupaten/kota, Pendidikan dan pelatihan Public
Management reform, Training and Workshop on localizing the Millennium
Development Gools(MDGs) through Innovative Leadership and Community Empowerment
Kathmandu, Nepal, Penyelenggaraan Pemerintahan daerah bagi Sekretaris daerah
Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.
Pengalaman mengajar
(Dosen) Diberbagai perguruan tinggi, STISIP Syamsul Ulum Sukabumi, dengan mata
kuliah Sistem pemerintahan Indonesia (2008), STHI Sukabumi,
dengan mata kuliah, Hukum Perdata dan Hukum Tata Negara, Pengalaman
mengajar STH Pasundan (1985-1990), SMEA YASPI Syamsul Ulum ( 1983-1990 ).
Kegiatan lain dibidang
pendidikan, Wakil ketua Tim Pembina Akademi Keperawatan (AKPER) Kota Sukabumi,
Ketua Tim Pembina Akademi Keperawatan (AKPER) Yayasan Kusumah Bangsa,
Sekretaris Pembina Yayasan Kusuma Bangsa Politeknik UNSI Kota Sukabumi dan
Ketua Pembina Yayasan Kusuma Bangsa Politeknik UNSI Kota Sukabumi.
Pengalaman mengikuti
Seminar, Workshop dan Lokakarya, Peningkatan kemampuan keuangan daerah,
Pemantapan peningkatan pelayanan dan management RSUD, Dampak krisis ekonomi
terhadap keuangan daerah dan upaya penanggulangannya, Lokakarya Renstra, LAKIP,
LPJ, Seminar Nasional Kebijakan pertimbangan keuangan pusat daerah dalam rangka
restrukturisasi prekonomian nasional dan Otonomi daerah, Im “ Matching nasional
Policy Agenda with local Fiscal Practices “ Internasional Workshop on Fiscal Desentralization,
H. Moch. Muraz, SH MM,
putra Soeria Sastraatmadja (Pur. Polri/alm) dan Hj.
Tjartini , lahir 1956, menginjak usia 24,
dipertemukan dengan gadis pujaannya bernama Hj. Esih Setiasih putri
pasangan Moch. Hamzah (alm)dan A.
Ratnawati dan tepanya pada tanggal 9 Nopember 1980 beranjak ke
pelaminan, hingga sekarang telah
dikarunia 3 orang anak, pertama Olga Pragosta, kedua Arras Shahiba dan ketiga Muhammad Arfana.
Pendidikan terakhir H.
Moch. Muraz, SH MM, Pasca Sarjana/Managemen Keuangan pada Universitas
Pandjajaran Bandung tahun lulusan 1999,
Setelah melalui jenjang pendidikan SD Mardiyuana 1968, SMP Mardiyuana
1971, SMA/Paspal T. Suhardjo1974, S.1/Hukum
STH Pasundan Sukabumi tahun 1986.
Hari ini senin 13 Mei
2013 pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota terpilih H. Mochamad Muraz, SH,
MM dan H. Achmad Fahmi, S.ag,M.pd
dilantik untuk masa jabatan 2013-
2018. Pengambilan sumpah jabatan dilangsungkan di Gedung Anton Sudjarwo Secapa
Polri Sukabumi. (dendayasa)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar