Senin, 18 Agustus 2014



Sukabumi,

Peringatan Hari Ulang Tahun  Pramuka ke 53 tahun 2014  Kwartir Ranting (Kwaran) Gerakan Pramuka Kecamatan Gunung Puyuh Kota Sukabumi ditandai dengan pemberian santunan kepada puluhan anak - anak yatim piatu dan panti jompo yang berada di sekitar lingkungan sekolah belum lama ini.

Ketua Kwaran Gerakan Pramuka Kecamatan Gunungpuyuh, Neni Mulyaningsih mengemukakan  pemberian santunan itu sebagai pembelajaran kepada seluruh anggota pramuka agar memiliki kepedulian kepada sesama. “Ini hanyalah bentuk kepedulian sosial saja yang ingin kami tanamkan sejak dini, khusunya kepada para anggota dalam memperingati HUT ke 53 ini, ,” katanya saat ditemui Jurnal Sukabumi usai melakukan peringatan upacara yang berlangsung di SDN Gunungpuyuh CBM Kota Sukabumi yang di hadiri seluruh unsur Muspika. 

Menurutnya, santunan itu berasal dari para anggota pramuka se- Kwaran Kecamatan Gunungpuyuh. Katanya santunan itu bukan hanya sembako saja, namun juga berupa uang kadedeuh. “Saya merasa ini sangat berharga buat para anggota pramuka, karena merupakan suatu pembelajaran yang fositif agar bisa dimaknai dengan baik,” 

Memaknai peringatan upacara HUT pramuka, Neni menjelaskan kegiatan itu diharapkan mampu menanamkan sikap sosial anggota pramuka dan para siswa sebagai penguatan jiwa serta karakter bangsa Indonesia yang sudah dikenal dengan budi pekertinya. “Gerakan pramuka merupakan salah satu wahana pembentukan karakter siswa seperti kepemimpinan, kerjasama, solidaritas, mandiri dan kebersamaan. Hal ini diharapkan mampu menjadi benteng bagi siswa dari berbagai pengaruh negatif yang datang  dari luar maupun dari dalam, “ 

Melalui peringatan itu, Neni mengungkapkan pramuka gunungpuyuh harus memiliki peranan penting dan prestasi yang bisa membanggakan kepengurusan Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Sukabumi. Pasalnya, pramuka telah diatur dalam Undang-Undang. memiliki tujuan yang strategis untuk menciptakan kader-kader generasi muda pemimpin bangsa. “Supaya memahami apa arti pentingnya menjadi anggota pramuka. Khusunya, para anggota harus selalu memiliki jiwa korsa yang tinggi, disiplin, agar bisa menjadi teladan bagi yang lain. Karena pramuka mendidik seseorang menjadi pemimpin. Makanya dalam peringatan ini saya warnai dengan pemberian santunan,” ungkapnya

0 komentar :

Posting Komentar