Pages - Menu

Rabu, 23 November 2011

Meningkatkan Peran dan Fungsi Humas Pemerintah Di Era TransparansiRakor Humas Jabar 22 Nop. 2011 di Bandung (Dr.Elvinaro Ardianto, MSi )

Dr. Elvinaro Ardianto, M.Si.

  Era Transparansi Atau  Informasi.


                   Tiga Gelombang Peradaban Manusia

-                                      Era masyarakat pertanian  ( mulai pertanian lading berpindah    
                              sampai pertanian lading menetap)

                                        Era masyarakat industry (sejak ditemukan mesin uap oleh James                                                                            
                                            Watt, home industry bergeser menjadi industry manufaktur).

-                            Era masyarakat informasi atau transparansi ( setelah ditemukan teknologi komunikasi dalam bentuk media online/internet), sehingga berbagai sektor kehidupan memunculkan e-commerce, e-book, cyber marketing, cyber advertising, cyber communication, cyber public relations, cyber mass communication and journalism dan lainnya.

                 Paradigma Humas

-                                 Paradigma Humas saat ini, Humas sebagai ilmu dan Humas sebagai profesi.
-         Humas sebagai ilmu melahirkan strategi, konsepsi, paradigm, teori, metodologi untuk mengembangkan Humas pada tatanan keilmuan.

                 Humas sebagai profesi melahirkan profesi di bidang Humas, seperti pejabat Humas di pemerintahan, perusahaan profit dan organisasi nirlaba, juga profesi konsultan Humas, seperti jasa penelitian pengukuran kinerja Humas, event organizer, campaign organizer, program organizer, pelatihan penguatan profesi Humas dan lainnya.-         

                Peran dan Fungsi Humas Sudah Bergeser

-                 Peran dan fungsi Humas sudah bergeser tidak hanya tukang kliping, pengerek bendera, pemadam kebakaran, menghadapi pemberitaan media atau pers yang bersifat bad news, bukan good news.

-               Peran dan fungsi Humas di era Transparansi ( Keterbukaan) ini sebagai , 1. Conselor ( konsultan), 2. Advisor (Penasihat), 3. Interpreter (penerjemah) bagi top management (pimpinan puncak).

-                Peran dan fungsi Humas di era transparansi ini satu kaki di lembaga dan satu kaki di public. Maaf bahasa Indonesia kakinya merentang dan bahasa sundanya Ngajegang.

                   Humas Sebagai Conselor

-                Tujuan Humas lembaga di era transparansi adalah image building ( pembentukan citra ) dan reputation building (pembentukan reputasi) dimata publiknya.
-         Upaya mencapai tujuan Humas lembaga di era transparansi, menuntut peran dan fungsi Humas sebagai counselor (konsultan) bagi pimpinan puncak yang berkaitan dengan program Humas dan komunikasi lembaga.

                   Humas Sebagai Advicor

-               Peran dan fungsi Humas lembaga di era transparansi sebagai advicor (penasehat) bagi pimpinan puncak , tentunya harus memiliki wawasan luas dan kreatif ketika menghadapi masalah untuk dicarikan pemecahan masalahnya yang berkaitan dengan program Humas dan Komunikasi lembaga.
-         Advicor ini menuntut pejabat Humas harus selalu meningkatkan pengetahuan dan penguatan profesinya.

                   Humas Sebagai Interpreter

-                 Humas sebagai interpreter atau penerjemah harus mampu menafsirkan pimpinan dan lembaga serta mampu memahami aspirasi ( need dan want public suatu lembaga.
-   Humas sebagai interpreter harus pula memadukan kebijakan pimpinan dan lembaga dengan aspirasi publik, sehingga terjadi mutual understanding keduanya.

       Kualifikasi/ Persyaratan Humas di Era Transparansi

-                                                                  Ability to communicate (kemampuan berkomunikasi).
-                                                                 -   Ability to organize ( kemampuan manajerial ).

-                                                                 -       Ability to get on with people (kemampuan membina relasi).

-                                                                 -      Personality integrity (jujur dan professional).

-                                                                  -     Imagination (banyak ide dan kreatif).


                               Kegiatan Utama Humas

-                                                                                                         -    E v e n t s
-                                                                                                             -   C a m p a i g n
-                                                                                                     -   P r o g r a m

                         Events

    Events, kegiatan humas dalam kerangka waktu terbatas, kapan mulai dan berakhirnya sangat jelas, ditujukan untuk satu atau beberapa publik terpilih.

                         Campaign

     Campaign, kegiatan PR yang hampir sama dengan events, namun dalam waktu yang lebih panjang dan dapat terdiri berbagai events.

                        Programs

      Programs, kegiatan public relations yang terdiri dari berbagai events, biasanya tidak punya batas waktu yang jelas kapan berakhirnya, karena dilakukan secara berkesinambungan.

                      Tantangan Humas di Era Transparansi 

-                         Masyarakat semakin kritis.

-                     Organisasi pers atau media sebagai mitra Humas pemerintah tiadk lagi tunggal, dulu hanya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) saja, kini terdapat hampir 40 organisasi profesi, kendati yang dianggap mapan hanya 5 saja.

-         Perkembangan teknologi komunikasi yang sangat luar biasa.

Samb. Tantangan Humas
-         Sekarang memasuki era kompetisi atau era iamge war (perang citra).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar