Selasa, 27 Maret 2012

Sukabumi,


Keberhasilan perencanaan pembangunan, sangat ditentukan oleh kelengkapan informasi yang dimiliki. Selain itu, juga ketepatan metode yang digunakan, serta keleluasaan warga masyarakat, untuk berpartisipasi aktif dalam menentukan kebijakan pembangunan. Hal tersebut, sepeti dijelaskan Walikota Sukabumi, H. Mokhamad Muslikh Abdussyukur, S.H., M.Si., belajar dari pengalaman masa lalu, serta pengalaman dari daerah-daerah lain. 

Adapun prioritas pembangunan daerah Kota Sukabumi pada tahun 2013 mendatang, diantaranya penanggulangan kemiskinan, ketenagakerjaan dan perluasan kesempatan kerja, peningkatan pelayanan kesehatan dan pendidikan masyarakat berpenghasilan rendah, peningkatan tata kelola pemerintahan atau good governance dan clean government, serta peningkatan pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi. 

Sedangkan arah kebijakan pembangunan daerah Kota Sukabumi pada tahun 2013 mendatang, yakni selain ditujukan untuk melaksanakan program prioritas pembangunan tersebut, juga ditujukan untuk mempercepat pencapaian Millennium Development Goals atau MDGs. 

Walikota Sukabumi juga menjelaskan, bentuk perencanaan pembangunan yang baik, harus sesuai dengan akronim SMART. Pertama perencanaan pembangunan harus Spesific, yakni harus mengarah secara jelas pada tujuan tertentu, yang sejalan dengan permasalahan dan isu strategis yang berkembang. Kedua perencanaan pembangunan harus Measurable, yakni harus terukur dengan menggunakan indikator-indikator yang jelas, sehingga mudah dalam mengevaluasi tingkat keberhasilan dan kegagalan atas pelaksanaan pembangunan daerah. Ketiga perencanaan pembangunan harus Realistic, yakni harus sesuai dengan kemampuan dan potensi yang dimiliki, dan Keempat perencanaan pembangunan harus Time Bounded, yakni terbatas untuk kurun waktu tertentu. 

Untuk itu, Walikota Sukabumi berharap kepada segenap lapisan warga masyarakat Kota Sukabumi, agar senantiasa berupaya optimal memberikan kontribusi pemikiran yang positif, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan pembangunan di Kota Sukabumi. Endang S

0 komentar :

Posting Komentar