Jumat, 16 Maret 2012

 Sukabumi-


Sebanyak 30 orang ibu rumah tangga di Kelurahan Limus Nunggal, Kecamatan Citamiang, mengikuti pelatihan dalam program Pemberdayaan Peranan Wanita Industri Kecil (P2WIK) oleh Diskoperindag Kota
Sukabumi, selasa (13/3) kemarin. Peltihan tersebut dibuka langsung oleh Ketua TP PKK Kota Sukabumi Hj. Isye Muslikh Abdussyukur didampingi oleh Kadiskoperindag Dudi Fathuljawad.

Kadiskoperindag Kota Sukabumi Dudi Fathuljawad mengatakan, program P2WIK merupakan pelatihan industry kecil bagi para wanita khususnya ibu-ibu. Dimana tujuannya, agar mereka dapat memiliki keterampilan untuk meningkatkan kesejahteraan.

“Dengan P2WIK tersebut secara tidak langsung sebagai daya ungkit perekonomian rakyat di Kota Sukabumi,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya.
Dijelaskannya, program P2WIK ini merupakan pilot project yang dilaksanakan setiap tahun di setiap RW untuk dibina agar para ibu-ibu memiliki keterampilan dan membuka industry rumah tangga skala kecil.
“Program ini sudah berjalan selama 5 tahun dan sudah 5 Rw dengan jumlah 150 peserta yang mengikuti P2WIK,” ujarnya. 
Lebih lanjut dirinya mengungkapkan, dari hasil evaluasi sampai saat ini sekitar 70-80 persen mereka yang sudah mengikuti P2WIK sudah berhasil dalam menjalankan industri kecil dengan berbagai bidang, yaitu makanan dan kerajinan.
“Kami tidak memberikan modal kepada mereka, hanya bahan dan peralatan serta pelatihan yang kami bantu sebagai modal awal. Sedangkan untuk pemasarannya, kami serahkan langsung kepada mereka,” ungkapnya. (Herry) 

0 komentar :

Posting Komentar