Era Transparansi Atau Informasi.
Tiga Gelombang
Peradaban Manusia
- Era masyarakat pertanian ( mulai pertanian lading berpindah
sampai pertanian lading menetap)
sampai pertanian lading menetap)
Era masyarakat industry (sejak ditemukan mesin uap
oleh James
Watt, home industry bergeser menjadi industry manufaktur).
Watt, home industry bergeser menjadi industry manufaktur).
- Era masyarakat informasi atau transparansi ( setelah
ditemukan teknologi komunikasi dalam bentuk media online/internet), sehingga
berbagai sektor kehidupan memunculkan e-commerce, e-book, cyber marketing,
cyber advertising, cyber communication, cyber public relations, cyber mass
communication and journalism dan lainnya.
Paradigma Humas
- Paradigma Humas saat ini, Humas sebagai ilmu dan Humas
sebagai profesi.
-
Humas sebagai ilmu melahirkan strategi, konsepsi,
paradigm, teori, metodologi untuk mengembangkan Humas pada tatanan keilmuan.
Humas sebagai profesi melahirkan profesi di bidang Humas, seperti pejabat Humas di pemerintahan, perusahaan profit dan organisasi nirlaba, juga profesi konsultan Humas, seperti jasa penelitian pengukuran kinerja Humas, event organizer, campaign organizer, program organizer, pelatihan penguatan profesi Humas dan lainnya.-
Peran dan Fungsi Humas
Sudah Bergeser
- Peran dan fungsi Humas sudah bergeser tidak hanya
tukang kliping, pengerek bendera, pemadam kebakaran, menghadapi pemberitaan
media atau pers yang bersifat bad news, bukan good news.
- Peran dan fungsi Humas di era Transparansi (
Keterbukaan) ini sebagai , 1. Conselor ( konsultan), 2. Advisor (Penasihat), 3.
Interpreter (penerjemah) bagi top management (pimpinan puncak).
- Peran dan fungsi Humas di era transparansi ini satu
kaki di lembaga dan satu kaki di public. Maaf bahasa Indonesia kakinya
merentang dan bahasa sundanya Ngajegang.
Humas Sebagai Conselor
- Tujuan Humas lembaga di era transparansi adalah image
building ( pembentukan citra ) dan reputation building (pembentukan reputasi)
dimata publiknya.
-
Upaya mencapai tujuan Humas lembaga di era
transparansi, menuntut peran dan fungsi Humas sebagai counselor (konsultan)
bagi pimpinan puncak yang berkaitan dengan program Humas dan komunikasi
lembaga.
Humas Sebagai Advicor
- Peran dan fungsi Humas lembaga di era transparansi
sebagai advicor (penasehat) bagi pimpinan puncak , tentunya harus memiliki
wawasan luas dan kreatif ketika menghadapi masalah untuk dicarikan pemecahan
masalahnya yang berkaitan dengan program Humas dan Komunikasi lembaga.
-
Advicor ini menuntut pejabat Humas harus selalu
meningkatkan pengetahuan dan penguatan profesinya.
Humas Sebagai Interpreter
- Humas sebagai interpreter atau penerjemah harus mampu
menafsirkan pimpinan dan lembaga serta mampu memahami aspirasi ( need dan want
public suatu lembaga.
- Humas sebagai interpreter harus pula memadukan
kebijakan pimpinan dan lembaga dengan aspirasi publik, sehingga terjadi mutual
understanding keduanya.
Kualifikasi/ Persyaratan Humas di Era Transparansi
- - Ability to communicate (kemampuan berkomunikasi).
- - Ability to organize ( kemampuan manajerial ).
- - Ability to get on with people (kemampuan membina
relasi).
- - Personality integrity (jujur dan professional).
- - Imagination (banyak ide dan kreatif).
Kegiatan Utama Humas
- - E v e n t s
- - C a m p a i g n
- - P r o g r a m
Events
Events, kegiatan humas dalam kerangka
waktu terbatas, kapan mulai dan berakhirnya sangat jelas, ditujukan untuk satu
atau beberapa publik terpilih.
Campaign
Campaign, kegiatan PR yang hampir
sama dengan events, namun dalam waktu yang lebih panjang dan dapat terdiri
berbagai events.
Programs
Programs, kegiatan public relations
yang terdiri dari berbagai events, biasanya tidak punya batas waktu yang jelas
kapan berakhirnya, karena dilakukan secara berkesinambungan.
Tantangan Humas di Era Transparansi
- Masyarakat semakin kritis.
- Organisasi pers atau media sebagai mitra Humas
pemerintah tiadk lagi tunggal, dulu hanya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)
saja, kini terdapat hampir 40 organisasi profesi, kendati yang dianggap mapan
hanya 5 saja.
-
Perkembangan teknologi komunikasi yang sangat luar
biasa.
Samb. Tantangan Humas
-
Sekarang memasuki era kompetisi atau era iamge war
(perang citra).
0 komentar :
Posting Komentar