Senin, 10 Maret 2014



 
 
 SUKABUMI -
 Menciptakan dan menghasikan peserta didik yang cerdas, sehat, terampil dan berakhlakul karimah adalah tujuan visi dan misi SMAN 5 Kota Sukabumi. 

Sekolah yang beralamat di Jalan Sarasa Loasari kecamatan Cibeureum Kota Sukabumi tersebut dipimpin oleh Drs. H. Agus Indrayana M.Si selaku kepala sekolah memiliki sebanyak 731 peserta didik yang terbagi dalam 21 rombel  dan didukung  oleh 52 guru profesional dan berpengalaman.

Sebagai sekolah yang mengangkat visi terwujudnya sekolah yang mandiri dalam membentuk peserta didik menjadi insan yang berakhlakul karimah, cerdas, terampil, unggul dalam prestasi, sehat jasmani dan rohani, berbudaya terhadap lingkungan, berlandaaskan iman dan takwa.  Tentunya program dan tujuan dari visi dan misi SMAN 5 Kota Sukabumi selaras dengan tujuan visi dan misi Walikota dan Wakil walikota Sukabumi yaitu Dengan Iman dan Takwa mewujudkan Pemerintahan  yang  Rahmatan lil’alamin. 

“Sebagai manusia ciptaan Allah yang tiada daya tanpak kehendaknya, sudah menjadi kewajiban kita terus berupaya mengembangkan sekolah sebagai pusat pelayanan pendidikan dalam rangka mengembangkan pesaerta didik menjadi insan yg cerdas dan berprestasi,” Agin sapaan akrabnya kepada Berita Kota saat ditemui disekolah yang juga didampingi Ade Ropandi, S.Pd  sebagai Wakasek humas.

Meskipun baru genap menjabat 13 bulan menjadi  kepala  SMAN 5 kota Sukabumi, Agin mengatakan, selain menyelaraskan visi dan misi sekolah dengan visi dan tujuan dari Pemerintahan Kota Sukabumi, serta visi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) tentunya dalam hal ini dia memiliki beberapa target dan program dalam menghasilkan siswa yang sesuai dengan visi dan misi dari SMAN 5 kota Sukabumi ini. 

Diataranya, pengembangan potensi bakat dan minat anak semaksimal mungkin dalam meraih prestasi. Baik itu pengembangan prestasi di bidang olahraga khususnya pada sepak bola pelajar atau LPI yang kebetulan dalam bidang tersebut SMA Negeri 5 Kota Sukabumi sudah beberapa kali menjadi juara. Sedangkan pada bidang lainnya seperti Karate, Silat dalam O2SN.

“Alhamdulillah, lomba seni dan budaya, pada saat lomba FL2SN kita juga juara pupuh di tingkat Jabar (Provinsi). Lalu juara I Lomba Tata Upacara Bendera Tk Kota Sukabumi, juara Lomba sekolah sehat tk kota sukabumi dan beberapa bidang lainnya,” katanya didampingi Ade Ropandi, S.Pd  sebagai Wakasek humas.

Dalam meraih prestasi itu terang Agin. pihaknya selalu mencoba agar para siswanya terus termotivasi. Bahkan, sebagai penghargaan dia juga memberikan reward bagi siswa yang berhasil berprestasi, baik tingkat kota maupun provinsi atau nasional sekalipun. Yakni, bentuknya berupa SPP gratis selama beberapa bulan sesuai tingkatan prestasi. 

“Intinya adalah, setiap usaha didalam peraihan prestasi yang telah para siswa peroleh di bidang akademik maupun non akademik adalah harus kita apresiasikan dalam bentuk penghargaan atau reward. Ini sesuai dengan kurikulum 2013 yang akan kita hadapi tersebut, bahwa multi kecerdasan setiap siswa utamanya dalam hal peningkatan afektip dan psikomotor, kognitifnya (pengetahuannya) dibelakang, anak itu harus mengimplemetasikannya dalam kehidupan. Salah satunya adalah peningkatan dalam hal berkreasi dan prestasi,” ungkapnya

Agin menambahkan, sekolah yang dipimpinnya tersebut memiliki moto, santun dalam pribadi, luhur dalam budi pekerti dan tangguh dalam prestasi. Sedangkan slogannya adalah adalah GLORY PASTI yang artinya kemenangan. “Arti dari PASTI ini adalah Prestasi, Amanah, Semangat, Tekad, Istiqomah. Maknanya yaitu didalam mencapai prestasi kita harus amanah, semangat serta memiliki tekad yang kuat yang istiqomah. Insya Allah semua usaha kita akan berhasil kalau kita berpijak dari apa yang merupakan tujuan dari slogan itu sendiri,” jelasnya.

Ditambahkan juga oleh Agin, selain pengembangan prestasi akademik dan non akademi, sekolah tersebut merupakan salah satu Sekolah Berbudaya Lingkungan (SBL) di Kota Sukabumi. “Sebaik apapun program yang ada disekolah tanpa adanya dukungan dari semua, maka niscaya semua akan berhasil dengan baik sesuai harapan. Makanya, saya berharap kami perlu mendapat dukungan dari berbagai pihak, baik siswa, orang tua siswa,” jelasnya

0 komentar :

Posting Komentar