Senin, 11 Juli 2011



Sukabumi,SENTANAONLINE.com.-- Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Sukabumi memiliki ketua baru. Pada Musyawarah Kota (Muskot) KNPI , Kamis 7/7/2011 lalu, H.Gundar Kolyubi,SPd.I terpilih sebagai ketua untuk periode 2011-2014.
Wakil Ketua Bidang Ekonomi periode sebelumnya itu mengungguli rivalnya, Rahmat Hidayat melalui voting. Dari sebanyak 73 suara, Gundar memperoleh sebanyak 37 suara, sedangkan  Rahmat Hidayat   memperoleh 32 suara. Sedangkan empat suara dinyatakan abstain.
Dari tiga calon yang mendaftarkan diri, satu diantaranya yakni Komen mengundurkan diri sebelum pemilihan. Usai pemilihan Gundar mengatakan, dia akan merealisasikan program sesuai dengan visi misi yang telah dirancang.
Namun, sebelumnya dia terlebih dahulu menyerap program Pemerintah Kota Sukabumi. “Saya akan menyerap program Organisasi Pemerintah Daerah (OPD),”ujarnya.
Maksudnya kata Gundar, agar program yang disusun sesuai dengan visi misi Kota Sukabumi yakni menuju masyarakat yang sehat, cerdas dan sejahtera. “Jadi, program KNPI sejalan dengan Pemkot Sukabumi sesuai dengan harapan walikota,”katanya.
Selain itu, Gundar juga memiliki obsesi untuk meningkatkan citra  KNPI baik dimata pemerintah  daerah maun pun masyarakat. Caranya dengan membuat program yang berbasis kemasyarakatan.
Meski katanya, harapan DPD KNPI  Jabar itu pada dasarnya sudah dimulai dengan kegiatan social kemasyarakatan. “Ada OKP yang memiliki binaan anak yatim piatu,”ujarnya.
Selain itu, sejumlah kegiatan yang dirasakan langsung oleh masyarakat juga telah dilakukan. Seperti memediasi peningkatan kesejahteraan masyarakat. “Kegiatan itu dilaksankan dengan bekerjasama dengan Pengurus  Kecamatan(PK),”jelasnya.
Kedepan, pengembangan usaha kecil akan dilakukan agar memiliki daya saing dan menjadi potensi ekonomi kerakyatan sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Sukabumi.
Pembenahan secara internal juga segera dilakukan. Diantaranya dengan merekrut pengurus yang berdaya juang dan dedikasi tinggi terhadap organisasi. Selain itu, hubungan silaturrahmi sesama pengurus dan anggota semakin ditingkatkan.
“Penataan struktur kelembagaan dilakukan disemua tingkatan. Nilai-nilai  keikhlasan dan kesabaran ditingkatkan, nilai-nilai pragmatisnya tidak terlalu dikedepankan meski masih diperlukan,”ujarnya. 
Pada hal lain, kata Gundar, dia berusaha meningkatkan kesejahteraan terhadap kadernya. Tidak dengan memberikan materi, tapi dengan peningkatan kualitas sumberdaya manusia. 
“Pemerintah tidak memberikan kesejahteraan kepada kader KNPI. Dengan dedikasi dan kualitas, kesejahteraan akan mengikuti,  meski itu bukan tolak ukur.”ujarnya.
Penulis: Abu Hanif Nasution.

0 komentar :

Posting Komentar