Minggu, 18 Desember 2011


Foto Dok Humas (dik2)

Sukabumi, SENTANAonline.com

         BANK Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Sukabumi melaksanakan penanaman ribuan pohon di wilayah Kota Sukabumi.Penanaman di pusatkan di area Hall 4 Lapang Golf Komplek Stukpa Lemdikpol Sukabumi, Jumat (16/12) kemarin.

  Pada kesempatan tersebut, BRI menyerahkan  sebanyak sebanyak 500 bibit pohon untuk ditanam di lingkungan  Sekolah Pembentukan Perwira Lembaga Pendidikan Kepolsian (Stukpa Lemdikpol) Sukabumi dan sebanyak 1900 bibit kepada  Pemerintah Kota Sukabumi. Kegiatan tersebut merupakan  Gerakan Menaman satu Milyar Pohon sebagai ungkapan kepedulian lingkungan dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 116 BRI. Pohon yang ditanam yakni bibit  jati, sukun, mahoni, mangga, dukuh dan cengkeh.Acara tersebut dihadiri Wakil Kepala Stukpa Lemdikpol Sukabumi, Kombes Sri Yono.

            Kepala BRI Cabang Sukabumi, Syafri Rozi megatakan,  Gerakan Penanaman Satu Milyar Pohon itu dilakukann untuk melestarikan hutan sebagai paru-paru dunia. Selain itu,  mengajarkan kepada masyarakat dan generasi muda untuk selalu menanam pohon demi kelangsungan hidup manusia. “Selama ini perbankan dianggap hanya mengejar keuntungan saja, Ini bukti kami peduli lingkungan. Semoga dengan penanaman pohon ini bisa berdampak kepada suasana di Kota Sukabumi agar lebih  segar, sejuk, sehat dan tidak mengalami kekurangan air,”ungkapnya

      Syafri berharap, dengan penanaman pohon terebut di Kota Sukabumi tidak terjadi pemanasan global.Karena, wilayahnya ditumbuhi pepohonan.

          Sementara Walikota Sukabumi H Mokh Muslikh Abdussyukur menyatakan, penanaman pohon yang dilakukan di Stukpa Lemdikpol Sukabumi tersebut bisa bermamfaat bukan hanya bagi manusia saja,  melainkan bagi ekosistem lainnya yang ada di lingkungan tersebut. Selain bisa menambah secapa polri makin hijau,  diharapakan juga dapat mengundang ekosistem yang lain. “Kalau banyak pepohonan, maka akan mengundang kupu-kupu dan burung. Jadi  bukan hanya bermamfaat bagi manusia tapi juga berbagai hewan,”jelasnya.

       Dikatakan, penanaman pohon itu dapat memberikan kontribusi terhadap lingkungan terutama penghijauan. Karena kan  memenuhi konfigurasi dan rasio angka ruang Kota Sukabumi seluas 48 KM persegi.

            Meski memiliki wilayah yang cukup sempit, lahan hijau di wilayah  Kota Sukabumi tetap dipertahankan. Diantaranya di Bumi Perkemahan (Buper) Cikundul, sepanjang aliran sungai serta sepanjang jalan di Kota Sukabumi. Tahun 2012 mendatang Pemkot Sukabumi akan mencanangkan  program penghijauan di setiap keluarahan. Hal itu untuk  memberdayakan  masyarakat untuk melakukan penghijauan. “Saya akui lahan hijau diperkotaan sangatlah terbatas. Namun kita sangat berharap hutan kota yang ada di Kota Sukabumi bisa dijadikan sebagai tambahan kota sehat dan hutan layak anak. Hutan ini dapat digunakan untuk hak - hak manusia terutama bagi anak – anak agar bisa menghirup udara yang segar,”pungkasnya. (NIF)

0 komentar :

Posting Komentar