Sabtu, 03 Desember 2011



                                                                                    Sukabumi, SENTANAonline.com

           SEKOLAH Dasar Negeri (SDN) Dewi Sartika Cipta Bina Mandiri (CBM) Kota Sukabumi menerima penghargaan sebagai calon Sekolah Adiwiyata tahun 2011 dari Kementerian Lingkungan Hidup (Kemen LH) dan Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas). Selain itu, sekolah tersebut juga menerima  Penganugrahan Apresiasi Seni Prestasi, Pemeran Seni Rupa di Bidang Seni Sastra serta lima besar perpustakaan sekolah terbaik di  Jawa Barat.
                    Kepala SDN Dewi Sartika CBM, H Amir Siddik merasa bangga dengan prestasi tersebut. Untuk itu dia berupaya mempertahankan bahkan meningkatkannya.
Dikatakan Amir, keberhasilan itu merupakan kerja keras  dan   dukungan dari warga sekolah,  baik guru, staf tata usaha, para siswa, orang tua murid, terlebih dukungan dari  Pemerintah Kota Sukabumi. “Terima kasih kepada semua pihak, yang telah memberi bantuan dan dukungan sehingga sekolah yang kita banggakan ini berhasil meraih penghargaan dari Pemerintah Pusat,”ungkapnya kemarin.

               Amir mengungkapkan, program Adiwiyata yang digulirkan di SDN Dewi Sartika CBM berawal dari keprihatinan warga sekolah tentang meningkatnya Gas Rumah Kaca (GRK). Penyebab terbesar karena  pemanasan global dari karbondioksida (co2), yang dihasilkan dari proses pembakaran bahan bakar fosil dan pembakaran hutan. Selain itu,  metana (CH4), yang dihasilkan dari penimbunan sampah, pembakaran lahan gambut kotoran ternak  dan dinitrogen monoksida (N2O) dari proses pembakaran bahan bakar fosil dan pemupukan (aktivitas pertanian) yang menyebabkan terjadinya perubahan iklim

“Ini yang harus difahami bukan hanya warga sekolah tapi seluruh masyarakat.  Mudah – mudahan upaya kecil yang kami perbuat ini dapat bermanfaat dalam pencegahan perubahan iklim untuk Kota Sukabumi khususnya dan Indonesia pada umumnya,”katanya. 

         SDN Dewi Sartika CBM Kota Sukabumi, katanya konsen untuk memperhatikan masalah lingkungan, mulai dari pencanangan Green School, Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Untuk itu, tahun  ini dia menargetkan menjadi sekolah terbaik di Jawa Barat untuk di calonkan sebagai sekolah Adiwiyata tingkat Nasional. “Keberhasilan ini merupakan jerih payah serta kerjasama yang baik antara pihak sekolah, ,”terangnya.(NIF)

2 komentar :

  1. Semoga dengan keberhasilan SDN Dewi Sartika CBM, sebagai juara Sekolah Adiwiyata tingkat Nasional tahun 2011,bukan hanya kebanggaan tersendiri tp merupakan kebanggaan bg warga kota Sukabumi sekitarnya, dan prestasi ini akan menularkan ke sekolah2 lain sehingga tanpa disadari generasi muda kita akan peduli terhadap lingkungan yang sehat, hijau, resik dan tidak hanya dengan lingkungan saja, tp mental dan perilaku yang sehat.Sukses buat SDN Dewi Sartika CBM Kota Sukabumi.

    BalasHapus
  2. Selamat dan sukses untuk keberhasilan SDN Dewi Sartika CBM, sebagai juara Sekolah Adiwiyata tingkat Nasional tahun 2011, semoga tahun2 yg akan datang akan membawa nama baik sekolahan dan kota Sukabumi.

    congratulations.....

    BalasHapus