Minggu, 31 Maret 2013

1 APRIL 2013 KOTA SUKABUMI BERUSIA 99 TAHUN

Sukabumi,
 
Walikota Sukabumi, H. Mokhamad Muslikh Abdussyukur, S.H., M.Si. mengungkapkan, tanggal 1 April 2013, Kota Sukabumi berusia 99 tahun, terhitung sejak berdirinya Gemeente Sukabumi, tanggal 1 April 1914. Diungkapkan pula, selama rentang waktu 99 tahun perjalanan Kota Sukabumi, telah banyak prestasi dan kemajuan yang telah dicapai.

Dikatakannya, Kota Sukabumi yang pada awal pembentukannya, tanggal 1 April 1914, hanya merupakan kota kecil, dengan status Gemeente Sukabumi, yang fungsinya melayani para pengusaha perkebunan eropa atau preanger planters. Namun seiring dengan kemajuan dan perkembangan zaman, Kota Sukabumi dari tahun ke tahunnya senantiasa mengalami perubahan dan kemajuan yang cukup signifikan, dan saat ini telah berkembang menjadi kota pelayanan jasa yang terbuka, dengan visi Terwujudnya Kota Sukabumi, Sebagai Pusat Pelayanan Berkualitas Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Perdagangan di Jawa Barat, Berlandaskan Iman dan Taqwa.

Dikatakan pula, berkat kerja sama dengan berbagai pihak, saat ini Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Sukabumi, telah mencapai angka 75,55 point, lebih tinggi dari rata-rata IPM Jawa Barat, dengan Angka Melek Huruf (AMH) mencapai 99,68 persen, Rata-Rata Lama Sekolah (RLS) 9,42 tahun, Angka Harapan Hidup (AHH) 69,74 tahun, serta Daya Beli Masyarakat (DBM) mencapai 640 ribu rupiah.

Selain itu, Kota Sukabumi juga berhasil meraih sejumlah prestasi dan penghargaan di tingkat nasional. Diantaranya peringkat pertama dalam penyusunan implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP), dengan meraih nilai B secara berturut-turut 4 kali, tepatnya dari tahun 2009 sampai dengan 2012.

Selanjutnya Millennium Development Goals (MDGs) Leadership Award, sebagai penghargaan pada komitmen Kota Sukabumi, pada percepatan pencapaian tujuan pembangunan millennium tahun 2010, serta Inovative Government Award (IGA), sebagai penghargaan atas inovasi manajemen pemerintahan, khususnya dalam pengelolaan agribisnis, yang diintegrasikan dengan pengelolaan Industri Daur Ulang Sampah dan Lingkungan Hidup tahun 2009 dan 2010.

Kemudian Wahana Tata Nugraha (WTN), sebagai penghargaan atas keberhasilan Pemerintah Kota Sukabumi, dalam pengelolaan transportasi perkotaan, secara berturut-turut 4 kali, tepatnya dari tahun 2008 sampai dengan 2012, Penghargaan Adipura, atas keberhasilan Kota Sukabumi dalam pengelolaan kebersihan kota, yang diintegrasikan dengan pengelolaan lingkungan hidup tahun 2010, juara pertama Lomba Sekolah Sehat (LSS) untuk katagori TK, SD, SMP, SMA dan SMK, tepatnya sejak tahun 2008 sampai dengan 2012, serta berbagai prestasi dan penghargaan lainnya, yang totalnya mencapai 72 prestasi dan penghargaan/endang.s
 

0 komentar :

Posting Komentar