Minggu, 31 Maret 2013


KOTA Sukabumi, kembali  meraih penghargaan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Tahun 2012, dengan meraih nilai B dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) RI.
Penghargaan  diserahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB) RI, Azwar Abubakar, kepada Walikota Sukabumi, H. Mokh. Muslikh Abdussyukur, di Jakarta beberapa waktu lalu.
Menpan dan RB RI, Azwar Abubakar mengatakan, akuntabilitas kinerja pemerintah kabupaten dan kota, dalam tiga tahun terakhir semakin meningkat. Selain penilaian dilakukan terhadap seluruh kabupaten dan kota, jumlah yang mendapat nilai CC ke atas atau berkinerja baik, juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan.
Penilaian akuntabilitas kinerja tahun 2012, dilakukan terhadap 435 pemerintah kabupaten dan kota, atau mencapai 89 persen dari 491 pemerintah kabupaten dan kota se Indonesia. Adapun hasilnya, yakni sebanyak 106 pemerintah kabupaten dan kota, atau hampir mencapai 25 persen pemerintah kabupaten dan kota yang berkinerja baik, atau mendapat nilai CC ke atas.
Sedangkan yang mendapat nilai B hanya dua pemerintah kabupaten dan kota, yakni Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Kota Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Sementara yang mendapat nilai CC mencapai 104 pemerintah kabupaten dan kota.
Selanjutnya yang mendapat nilai C, mencapai 253 pemerintah kabupaten dan kota, yang mendapat nilai D mencapai 76 pemerintah kabupaten dan kota, serta yang tidak dievaluasi mencapai 56 pemerintah kabupaten dan kota, karena tidak ada data atau tidak membuat LAKIP dan Penetapan Kinerja (PK).
Usai menerima penghargaan tersebut, Walikota Sukabumi, H. Mokh. Muslikh Abdussyukur mengatakan, keberhasilan Kota Sukabumi meraih kembali penghargaan LAKIP Tahun 2012 dengan meraih nilai B dari Kemenpan dan RB RI, merupakan keberhasilan semua pihak, khususnya seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), termasuk kecamatan dan kelurahan se Kota Sukabumi.
Ditandaskan pula, penghargaan tersebut dipersembahkan kepada pemerintah dan warga masyarakat Kota Sukabumi, sebagai kado ulang tahun ke-99 Kota Sukabumi, tepatnya yang jatuh pada tanggal 1 April 2013. Diharapkannya, berbagai prestasi dan penghargaan yang telah diraih Kota Sukabumi selama ini, agar senantiasa ditingkatkan dan dikembangkan oleh semua pihak, baik oleh aparat pemerintah maupun oleh warga masyarakat, minimal dipertahankan.
“Karena berbagai prestasi dan penghargaan yang telah diraih Kota Sukabumi selama ini, merupakan lambang atau simbol keberhasilan Kota Sukabumi, baik di tingkat regional Jawa Barat maupun di tingkat nasional,” ujarnya.*

0 komentar :

Posting Komentar