Senin, 29 Desember 2014



Sukabumi,
Dalam waktu dekat ini Kelurahan Subangjaya kecamatan cikole  akan segera memiliki gedung layak anak yang akan dibangun di atas area 400 m2 di daerah Ciaul pasir RW.08 dan  guna mewujudkan gedung tersebut Gubernur provinsi jawa barat telah memberikan dana hibah bansos sebagai stimulus sebesar Rp 100 juta.

Penyerahan dana bantuan dilangsungkan pada upacara pembentukan Kelurahan Layak anak selasa (30/12) 2014 di ruang pertemuan Kelurahan subangjaya   yang diserahkan oleh Kepala BPMPKB kota  Sukabumi, Drs. H. Suwarsa,MSi  kepada ketua kelompok layak anak, Rudy  dengan disaksikan Ketua TP.PKK. Ny. Hj. Esih Setiasih Muraz dan  SKPD terkait. Lurah serta  tokoh masyarakat setempat . 

 Kepala BPMPKB atas nama Walikota sukabumi mengemukakan , bahwa bantuan dana hibah bansos tersebut  sebagai stimulus dari pemerintah provinsi jawa barat yang  harus diikuti dengan partisipasi aktif masyarakat, upaya mempercepat kehadiran  pusat bermain anak tersebut.

“ Bertambahnya jumlah penduduk yang diikuti dengan merebaknya pembangunan  pemukiman mengakibatkan semakin menyempitnya ruang gerak, interaksi,  ber-ekpresi anak, sehingga melalui pembangunan gedung layak anak ini sebagai solusi terbaik bagi peningkatan martabatabat dan kecerdasan dimasa kini dan mendatang,”.ujarnya

Dikemukakannya, bahwa sejak 5 September 1990 Indonesia telah meratifikasi konvensi Hak Anak sebagai langkah  komitmen dalam menghormati dan memenuhi hak anak, tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 28 B (2),  operasionalnya pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Untuk mentransformasikan hak anak ke dalam proses pembangunan, pemerintah mengembangkan kebijakan Kota Layak Anak. 

 “Dimulai dari keluarga RT, RW, kelurahan, kecamatan, kabupaten, kota, provinsi dan Indonesia. Itu mengintegrasikan berbagai peraturan maupun pembangunan yang memberikan kenyamanan dan keamanan bagi anak untuk proses tumbuh dan berkembang. Mulai dari komitmen eksekutif, legislatif  maupun masyarakatnya. 

Menurut Kepala Kelurahan Subangjaya, tahun 2012 Kelurahan subangjaya mampu  tampil sebagai juara pertama dalam lomba kelurahan di tingkat nasional, sebagai langkah inovasinya dilakukan  melalui pembangunan jalan tembus kokon komariah , Poliklinik Salma dan taman makam warga yang berbasis lingkungan dari swadaya murni masyarakat/Dendayasa, SIp

0 komentar :

Posting Komentar