Kamis, 15 Januari 2015

 
SUKABUMI –

Luapan kegembiraan kembali dirasakan oleh warga kota sukabumi, khususnya didaerah pengembangan (selatan), keberpihakan pemerintah daerah terhadap masyarakat benar-benar telah  diwujudkan secara implementatif dalam bentuk kiprah nyata dengan dibangunnya Rumas Sakit baru  Type D AL-Mulk di Wilayah Kecamatan  Lembur Situ.

Pembangunan Rumah sakit gratis  tersebut sesuai dengan  janji politik  Walikota , H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., dan Wakil Walikota , H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., pada saat kampanye pencalonan Walikota dan Wakil Walikota periode tahun 2013-2018.

Janji politik lainnya yang telah direalisasikan meliputi  pemberian Kartu Sehat dan Kartu Cerdas bagi masyarakat miskin, pemberian bantuan operasional bagi para Ketua RW sebesar 150 ribu rupiah dan Ketua RT sebesar 100 ribu rupiah per bulan, serta pemberian bantuan untuk pembangunan di setiap wilayah RW masing-masing sebesar 15 juta rupiah per tahun.

H. Mohamad Muraz mengatakan, keberadaan RS AL-Mulk sangat vital karena tidak hanya untuk mengurangi volume warga yang berobat ke RSUD R Syamsudin SH, namun juga untuk melayani warga dari luar Kota Sukabumi yang ada di perbatasan.

“Bagi warga luar kota silahkan berobat tapi bayar, Saya ingin rumah sakit ini tidak hanya melayani warga kota saja, tapi warga dari daerah lain juga terlayani,” ujarnya.

 Kepala Dinas Kesehatan , Dr Rita Nenni mengatakan, pembangunan Rumah sakit Al-Mulk telah menghabiskan dana  anggaran bertahap sesuai dengan evaluasi dikisaran Rp.5-8 Miliar, Sedangkan untuk fasilitas dibantu oleh lima dokter yang diambil dari wilayah sekitar.

“Pertimbangan dirubahnya Puskesmas Lembursitu menjadi RS type D , karena Puskesmas tersebut sudah lama ditunjuk sebagai Puskesmas Rawat Inap dan Puskesmas Rujukan serta ditinjau   dari segi lahan dan sarananya telah  memadai , sedangkan  untuk Puskesmas Lembursitu, lokasinya akan dipindahkan ke tempat lain, karena keberadaannya masih dibutuhkan oleh masyarakat.”ujarnya

Lebih lanjut  Dr Rita Nenni mengemukakan Bahwa  “Perubahan Puskesmas Lembursitu,  menjadi UPT (Unit Pelaksana Teknis) RS (Rumah Sakit) Type D Pratama AL-Mulk  berdasarkan arahan serta instruksi Walikota , H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., dan Wakil Walikota  H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd.

“Kondisi UPT RS saat ini,n telah memiliki dokumen Fisibility Study, Master Plan serta UPL dan UKL, memiliki DED untuk pembangunan dan pengembangan pada tahun-tahun mendatang, meliki izin operasional dari BPMPT, adanya regulasi dan Peraturan Walikota Sukabumi sebagai dasar pendirian UPT RS, memiliki Pejabat Struktural Kepala UPT RS dan Kepala Tata Usaha, serta Pejabat Fungsional  yang terdiri dari dokter, perawat, bidan, laboratorium dan tenaga administrasi, serta memiliki dana untuk operasional UPT RS, dan untuk jasa pelayanan tahun 2015”ujarnya 
Namun demikian, menurut Dr. Rita,  masih ada kebutuhan yang harus segera dipenuhi, khususnya untuk menunjang pelaksanaan serta kelancaran dan keberhasilan pelayanan kesehatan di UPT RS ini. Diantaranya penambahan SDM, terutama dokter, dokter spesialis, perawat, bidan, laboratotium, radiologi, nutrisionis, Alkes (Alat Kesehatan) penunjang pelayanan, serta biaya untuk pengembangan fisik UPT RS ini. 

 Berkaitan dengan hal tersebut, pada tahun 2015 , pihaknya akan mengusulkan penambahan SDM THL, pembiayaan untuk Alkes dan pembangunan fisik UPT RS, baik dari APBD Kota Sukabumi, maupun dari APBD Provinsi Jawa dan APBN, serta penyediaan Alkes melalui anggaran DAK.

Menurut tokoh masyarakat setempat, Zakaria  ( wakil ketua PK KNPI Kecamatan Lembursitu) , pelayanan kesehatan bukan masalah gratis atau tidaknya, namun yang terpenting  adalah mutu  pelayanan kesehatan itu sendiri  yang langsung dapat dirasakan   masyarakat. ujarnya

Upacara peresmian dilangsungkan (15/1) 2015 dengan  dihadiri, Wakil Walikota , Pimpinan dan Anggota DPRD, unsur Muspida, Sekretaris Daerah , Ketua dan Wakil Ketua TP PKK, para Asisten dan Staf Ahli Walikota , para Kepala OPD  dan Instansi Vertikal, para Camat dan Lurah, Alim Ulama, Tokoh Masyarakat dan Pemuda  serta undangan lainnya/dendayasa,SIp

1 komentar :

  1. Artikel yang bagus sekali....

    jangan lupa juga kunjungi halaman ini
    http://mesinantrianmakingsolution.blogspot.co.id
    http://alatskpberkualitas.blogspot.co.id
    --------------------------
    IT Marketing
    PT Cendana Teknika Utama
    Aris Widyanto
    0813 1020 7780

    BalasHapus