Sabtu, 18 Juni 2011


RSPD sebagai radio perintis  berdiri sejak tahun 1960 muncul ide dari putra terbaik kota sukabumi, Ir.Wiyono Karya Wigena sebagai pegawai Barata . Beliau menguras segala kemampuannya melalui ketajaman  pemikirannya berhasil membangun sebuah studio, kendati  pada masa itu dihadapkan kepada keterbatasan sarana dan  prasarana yang tersedia , namun   berkat cita-cita luhurnya didorong kemauan keras hingga terbangun sebuah studio  yang diberi nama Radio Eksperimental   dengan rancangan cukup sederhana  mesin karya  rakitannya  mampu  menghasilkan jangkauan siaran yang cukup menggembirakan  melampaui batas kota dan kabupaten sukabumi, malahan mampu diterima di wilayah kota –kabupaten bandung dan sekitarnya.
Dikemukakan Kepala Kantor PDE Arda Humas , H. Oscar Lesnussa Kehadiran radio eksperimental  benar-benar memberikan andil bagi pemerintah dan warga masyarakat  sukabumi dibawah pimpinan Tatang Supriyadi  ,  dengan ditunjang penyiar kondang pada masa itu, Djatnika Djakadjanggala, Kosasih Kartadireja, Hamami AR, Drs. Fredi Kastammarta, Ras Barkah, S. Apandi, dan NM. Amer. Radio Eksperimental  mengalami masa keemasannya,  kejayaannya semua warga terfokus setiap saat eksis  menyimak siaran  Radio Eksperimental, terutama  program penyiaran pemberitaan yang disampaikan pagi, siang dan petang melalui bahasa Indonesia dan bahasa daerah ( sunda ).
Hasil-hasil pembangunan yang telah, sedang dan yang akan  dilaksanakan oleh Pemerintah daerah  mudah diserap sekaligus  mengundang partisipasi aktif warga masyarakat dalam pembangunan, baik dari sisi fisik maupun mental spiritual. Sehingga kehadiran  Radio Eksperimental cukup dibanggakan karena  mampu memberikan yang terbaik bagi kepentingan mutu pelayanan informasi kepada masyarakat.
Bagi kepentingan  kesinambungan  penyiaran penyebaran informasi pembangunan Radio Eksperimental menjadi bagian integral Pemerintah Kotamadya Daerah Tingkat II Sukabumi dan secara struktural  dibawah Bagian Humas setelah 8 tahun berdiri berdasarkan SK Gubernur Jawa Barat Nomor 201/Humas/SJ/1968 Dikukuhkan menjadi Radio Daerah Sukabumi. Dan pada tanggal 11 September 1969 diresmikan oleh Walikota Sukabumi Saleh Wiradikarta, SH, bahwa untuk mengelola  aktivitas RSPD dilaksanakan oleh tenaga sukarela dengan SK Pengangkatan sebagai honorer Pemda. Perda Nomor 3 tahun 1992 RSPD dimasukan dalam pengelolaan Humas Setda Kota Sukabumi. Perda Nomor 18 tahun 2000 RSPD dikelola oleh Seksi Promosi dan RSPD di kantor Infokom dengan disempurnakan dengan berdasarkan Perda Nomor 20 tahun 2001. Perda Nomor 8 tahun 2003 malah diciutkan dalam seksi Humas, secara rinci diatur didalam SK Walikota Sukabumi Nomor 44 tahun 2004.
Seiring dengan perkembangan yang ada ,  kemajuan teknologi informasi dan komunikasi,  di kota  sukabumi banyak bermunculan  berdiri  Studio radio milik swasta yang dibangun secara profesional dan proporsional dengan menggunakan peralatan  yang sengaja didatangkan dari luar negeri. ( built-up )   sementara RSPD masih mengggunakan perangkat lama  sebuah mesin hasil rakitan  sehingga kwalitas dan jangkauan siarannyapun  jauh ketinggalan  oleh fihak radio swasta, karena pada masa itu masih dihadapkan kepada  keterbatasan kwalitas   SDM –nya.
  Kepemilikan perangkat canggih baru terealisasikan setelah Sturada berubah nama   menjadi RSPD dan  resminya memiliki mesin built up awal  tahun 2005, sengaja didatangkan  dari Italy   , karena tahun tahun sebelumnya hanya memiliki  sebuah mesin hasil rakitan , produk warga pribumi yang  memiliki kekuatan dan jangkauan siaran terbatas.
Penataan Peningkatan penyiaran   RSPD   secara gradual terus dilakukan, sebagai langkah optimalisasi pelayanan informasi dan komunikasi kepada masyarakat, baik dari sisi infra struktur maupun sufra struktur berangsur dibenahi, hingga jangkauan siarannya melampaui batas dunia dan benua ( Voice streaming ), hanya  sesuai dengan undang-undang nomor 32 tahun 2002, tentang penyiaran, RSPD belum dapat memenuhi aturan tersebut seperti RSPD-RSPD  lainnya  yang berada di wilayah propinsi jawa barat.




1 komentar :

  1. History RSPD Kota Sukabumi

    http://rspdkotasukabumi.blogspot.com/2009_09_25_archive.html#3803314271801936811

    BalasHapus