Rabu, 10 Agustus 2011


Sukabumi,SENTANAONLINE.com—Tahun ini, Pemerintah Kabupaten Sukabumi berencana membangun Empat  unit  fasilitas Pelayanan Obstetric Neonatal Emergensi Dasar  (PONED).
Empat unit poned  itu, dibangun di Puskesmas Cireunghas, Kalapanunggal, Kalibunder serta Puskesmas Teugalbuleud. PONED merupakan fasilitas tambahan untuk satu unit puskesmas dalam melayani masyarakat.
"Fasilitas fasilitas itu, seperti, bangunan fisik, peralatan persalinan, dokter serta bidan." kata Kepala Sub Bagian Perencanaan Dinas Kesehatan Kabupaten  Sukabumi, Saeful Ramdhan, saat dijumpai SENTANA diruang kerjanya, kemarin.       
        
Diterangkan dia,  dibangunnya PONED Untuk meningkatkan pelayanan  kesehatan khususnya untuk mengurangi angka kematian bayi dan ibu hamil. Dinas kesehatan kabupaten Sukabumi memberikan pelayanan dokter spesialis kandungan di puskesmas." Jadi, ibu hamil tidak perlu jauh lagi untuk memeriksa kehamilan. " ujarnya.
        
Puskesmas yang  dilengkapi fasilitas PONED, menurut Saeful, bisa menjadi puskesmas rujukan bagi puskesmas lainnya. Karena, tidak semua puskesmas di Kabupaten Sukabumi akan dilengkapi fasilitas tersebut. “ Jadi, dari 58 puskesmas yang ada di Kabupaten Sukabumi, hanya 31 puskesmas yang akan dilengkapi fasilitas tersebut.”  terangnya.
        
Sementara, kriteria pemberian fasilitas PONED untuk satu puskesmas, diantaranya, letak geografis dari puskesmas itu sendiri." Lokasi puskesmas yang terpencil pun menjadi kriteria utama dalam pemberian fasilitas PONED." tegasnya. 
Untuk membangun satu unit PONED, katanya, dibutuhkan biaya sebesar Lima Ratus Juta. Biaya itu, berasal  dari APBD Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran (TA) 2011. Selain untuk fisik, anggaran juga digunakan  untuk peralatan, perencanaan hingga pengawasan.   
Empat unit PONED yang siap dibangun, diharapkan dapat selesai  akhir November nanti. Target ini, sesuai dengan  Rencana Strategis (renstra)  Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi hingga tahun 2015, katanya.
Sementara,  untuk tahun 2012, jelas saeful, akan dibangun tujuh PONED di  Puskesmas Cisolok, Ciracap, Tamanjaya, Simpenan, Gegerbitung, Ciambar  serta Puskesmas Cidolog, jelasnya.
Penulis: Anggun Gumilar.

0 komentar :

Posting Komentar