Kamis, 27 September 2012


Menarik Minat Siswa, MK2 MTs Kota Sukabumi Tingkatkan Kualitas


Sukabumi, SENTANAonline.com
KURANGNYA minat orang tua untuk menyekolahkan anaknya di Madrasah Tsanawiyah menjadi pembahasan tersendiri oleh Musyawarah Kerja Kepala Madrasyah Tsanawiyah (MK2 MTs) Kota Sukabumi.

Ketua MK2 MTs Kota Sukabumi, Sholih Munawar mengatakan, untuk menarik minat orang tua siswa menyekolahkan anaknya di MTs, berupaya meningkatkan kualitas pendidikan. Baik pendidikan keagamaan, akademik maupun non akademik.
“Secara rutin kami  menggelar  pertemuan dengan kepala sekolah MTs negeri dan swasta yang tergabung dalam MK2 MTs untuk membahas peningkatan kualitas. Selama ini ada kesan sekolah MTs menjadi pilihan  ke dua bagi orang tua yang anaknya ingin  melanjutkan sekolah ke jenjang SLTP,” ujarnya kemarin.
Padahal, kata Sholih,  pembelajaran di MTs tidak jauh berbeda dengan pembelajaran yang ada di SMP. Bahkan, siswa MTs mendapat pembelajaran lebih dari sekolah umum karena mendapat mata pelajaran  keagamaan dan umum.  Diungkapkan, di Kota Sukabumi tercatat  sebanyak 22 MTs negeri dan swasta  dengan  sebanyak 3300 peserta didik. Potensi siswa tidak kalah dengan sekolah SMP. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya prestasi yang diperoleh MTs. “Banyak MTs yang berprestasi di Kota Sukabumi,” ujarnya.
Untuk mendorong prestasi siswa, kata Sholih, madrasah yang tergabung dalam MK2 MTs saling bersinergi. Apalagi yang berkaitan dengan masalah pendidikan maupun keterampilan seni dan olahraga. “Setiap ada perlombaan, kami dorong  peserta didik agar perpartisipasi, ”terangnya.
Selain siswa, pembinaan juga terhadap guru guru dan kepala sekolah. Tujuannya  untuk menyamakan  persepsi tentang peningkatan kualitas Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Setiap pertemuan, sering  muncul gagasan untuk melakukan inovasi dengan melaksanakan berbagai kegiatan guna menunjang perkembangan pendidikan. Termasuk kegiatan yang bersifat kompetisi. Siswa yang  menjadi juaradiberikan reward  dan diikutsertakan untuk ikut ke tingkat Provinsi. “Beberapa waktu lalau digelar Pekan Olah Raga Seni (Porseni)  dan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat MTs se - Kota Sukabumi,” terangnya.
Selain itu, pengembangan fisik sekolah tidak ketinggalan. Diantaranya  melakukan  pembenahan sarana prasarana gedung. “Yang pasti kami ingin MTs di Kota Sukabumi lebih maju dan tidak dipandang sebelah mata oleh siapapun. Kami berharap pemerintah daerah membantu dan memfasilitasi keingianan kami,” katanya.(NIF)

0 komentar :

Posting Komentar