Kamis, 27 September 2012

PROGRAM PENATAAN LINGKUNGAN PERMUKIMAN BERBASIS KOMUNITAS
Sukabumui
 
Program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK), sebagai kelanjutan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM MP). Seperti dikatakan Fasilitator Community Development Kecamatan Gunungpuyuh dan Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi, Lanti Lastari, dilaksanakannya penataan lingkungan permukiman atau komunitas dan lingkungan huniannya secara terpadu, untuk menciptakan tatanan kehidupan dan hunian yang tertata, selaras, sehat, produktif, berjatidiri, dan berkelanjutan.

Selain itu, bentuk stimulant bagi keberhasilan masyarakat di setiap kelurahan yang menjadi sasaran PNPM MP, yang mampu membangun lembaga masyarakat, dengan kualifikasi Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Berdaya Menuju Mandiri, dan BKM Mandiri Menuju Madani.

Adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya program PLPBK tersebut, diantaranya untuk mewujudkan tata kelembagaan lokal atau kelurahan yang efektif dan efisien, dalam menerapkan tata kepemerintahan yang baik atau good governance, mewujudkan kemitraan yang sinergis dalam penyelenggaraan pembangunan, antara masyarakat dengan pemerintah daerah dan kelompok peduli, seperti Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan sebagainya, serta mewujudkan masyarakat yang berperilaku dan berbudaya, yang mampu secara kreatif dan inovatif melakukan penyelenggaraan pembangunan lingkungan permukimannya.

Menyinggung dasar pemikiran dari program PLPBK tersebut, menurut Fasilitator Community Development Kecamatan Gunungpuyuh dan Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi, antara lain terwujudnya kehidupan masyarakat secara harmonis, dalam lingkungan yang aman, tertib, sehat, produktif, berjatidiri, dan lestari.

Disamping itu, juga untuk mencapai pembangunan permukiman yang berkelanjutan, diantaranya ditempuh melalui tiga jalur. Antara lain orientasi pada perubahan perilaku atau attitude, orientasi pada pengelolaan oleh masyarakat sendiri atau self community management, serta orientasi pada inovasi dan kreativitas masyarakat atau entrepreneurship.

0 komentar :

Posting Komentar