Selasa, 03 April 2012


 Sukabumi, SENTANAonline.com


KOTA Sukabumi tampil sebagai Juara I Lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) Tingkat Jawa Barat  untuk kali pertama. Program Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI tersebut berlangsung  di Bandung (27-29/03)  lalu. Berbeda dengan peserta dari daerah lain, peserta dari Kota Sukabumi seluruhnya diwakili oleh pelajar. Prestasi tersebut sekaligus menjadi kado  istimewa pada   ulang tahun ke 98 Kota Sukabumi.

Siswa yang menjadi peserta yakni,  Larena Dwi Rahma, Siska Wijayanti, Fatmawati, Hani Maulani, Fitri Sulastri,  Risa Ba’da Nilapania, dan Alenia Rahim. Mereka berasal dari tiga sekolah yani, SMK PGRI 2, SMA PGRI 1 dan SMAN 3 Kota Sukabumi. Mereka mengungguli peserta dari Kabupaten Sumedang, Kabupaten Bogor dan Kota Cimahi pada babak final.

Kepala SMK PGRI 2 Kota Sukabumi, Dayat Mulyadi, S.Pd.MM  mengungkapkan rasa  bangganya atas prestasi yang diraih anak didiknya. Hal itu katanya, membuktikan siswa sekolah swasta tidak kalah dengan ekolah negeri.”Saya sebagai kepala sekolah tentu bangga dengan siswa saya karena mereka mengangkat nama Kota Sukabumi. Apalagi ini merupakan yang pertama kali Kota Sukabumi tempil sebagai Juara I,”ujarnya Sabtu (31/03) lalu.

Diungkapkan,  keberhasilan itu bukan semata-mata jerih payah guru, tapi juga  berkat dorongan dari Kejaksaan Negeri Kota Sukabumi, Polres Sukabumi Kota, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) tingkat SMK, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Sukabumi  dan  Pemerintah Kota Sukabumi. “Prestasi ini diraih berkat kebersamaan dari pembimbing dari lembaga tersebut,”ujarnya.

Dia mengingatkan,  sebagai siswa yang menjuarai lomba Kadarkum harus menunjukkan perilaku yang taat aturan dan disiplin.Bukan hanya bagi dirinya, tapi juga harus menjadi contoh bagi masyarakat, khususnya teman-temannya.”Mereka juga menularkan ilmunya kepada  teman-teman agar mampu mempertahakan prestasi ini,”ujarnya.

Sementara, Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah (Setda)Kota Sukabumi yang juga ketua kontingan Kota Sukabumi,   Een Rukmini mengatakan, selanjutnya akan mempersiapkan pelajar tersebut untuk mengikuti Lomba Kadarkum tingkat Nasional yang rencananya akan berlangsung  pada bulan Mei 2012 mendatang di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta. Untuk itu, tim pembimbing akan menajamkan materi yang menjadi bahan lomba. Terutama Undang-undang  Narkotika, Undang-undang Lalulintas, Undang-undang  Perlindungan Anak, Undang-undang  Keterbukaan Informatika dan Elektronika (KIE). “Masing-masing mereka harus menguasai minimal satu undang-undang,”jelasnya.
Selain itu, tim pembimbing juga akan memperkuat mental mereka dalam mengikuti lomba.Sebab, katanya, hail evaluasi, mental anak asuhnya masih harus ditingkatkan. “Pengutan mental ini sangat perlu, apalagi yang menjadi peserta yang berusia jauh diatas mereka,”katanya. (NIF)

0 komentar :

Posting Komentar