Minggu, 19 Mei 2013


                                          Sukabumi, 

Drs. Dudi Fathul Jawad, M.Pd
Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopperindag) Kota Sukabumi, Drs. Dudi Fathul Jawad, M.Pd. mengungkapkan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, baru-baru ini telah merilis sebanyak 17 produk kosmetik, yang mengandung bahan berbahaya bagi kesehatan, hasil sampling dari 24 ribu produk kosmetik, dari seluruh wilayah Indonesia.

“Jumlah produk kosmetik yang mengandung bahan berbahaya tersebut, seperti dijelaskan Ketua BPOM RI, Lucky S. Slamet, tepatnya pada peringatan Publik Kosmetika Mengandung Bahan Berbahaya, yang berlangsung di Jakarta, tanggal 13 Mei 2013, apabila dibandingkan dengan tahun 2012 mengalami penurunan, yakni mencapai 58 produk kosmetik. Namun demikian, untuk kadar dan nilai bahayanya sama, yakni mengandung merkuri, hidrokinon, asam retinoat, dan resorsinol. Selain itu, ke-17 produk kosmetik yang mengandung bahan berbahaya tersebut, tidak memiliki izin dari BPOM R”I.

         Drs. Dudi Fathul Jawad, M.Pd.menuturkan  menurut Ketua BPOM RI, bahan merkuri merupakan salah satu bahan yang dilarang digunakan dalam kosmetik. Sebab selain tingkat radiasinya sangat tinggi, juga dapat menjadi salah satu faktor pemicu kanker. Demikian pula hidrokuinon, kendati kegunaannya untuk pemutih kulit, namun harus dengan resep dokter. Karena apabila penggunaan berlebihan, dapat memicu terhadap iritasi kulit. Sedangkan asam retinoat tidak boleh digunakan dalam kosmetik, karena dikhawatirkan dapat mengikis permukaan kulit, serta bisa menimbulkan cacat pada janin.

Berkenaan dengan hal tersebut, Ketua BPOM RI menghimbau kepada seluruh lapisan warga masyarakat, agar produk kosmetik yang ada dalam daftar hitam BPOM RI tersebut jangan digunakan, sebab berbahaya bagi kesehatan. Adapun ke-17 yang mengandung bahan berbahaya yang masuk dalam daftar hitam BPOM RI tersebut, antara lain merek Tabita Daily Cream, Tabita Nightly Cream, Tabita Skin Care Smooth Lotion, Herbal Clinic Green Alvina Walet Cream Mild Night Cream, dan Green Alvina Night Cream Acne.

Selanjutnya Chrysant 24 Skin Care Pemutih Ketiak, Chrysant 24 Skin Care Cream Malam Jasmine, Chrysant 24 Skin Care AHA Toner Nomor 1, Chrysant 24 Skin Care AHA Toner Nomor 2, Hayfa Sunblock Acne Cream Natural Pagi-Sore, Hayfa Acne Morning Pagi-Sore, Acne Lotion dr. Nur Hidayat,SpKK, Cream Malam Prima 1 dr. Nur Hidayat,SpKK, Acne Cream Malam dr. Nur Hidayat,SpKK, Cantik Whitening Vit. E Night Cream, dan Cantik Whitening Vit. E Day Cream.

0 komentar :

Posting Komentar