Kamis, 30 Mei 2013



Sukabumi.
 
Pendapatan asli daerah ( PAD ) adalah penerimaan yang diperoleh dari sektor pajak daerah, retribusi daerah, hasil perusahaan milik daerah, hasil pengeloalaan kekayaan daerah yang dipisahkan, dan lain-lain pendapatan asli daerah yang sah. PAD merupakan salah satu komponen sumber pendapatan daerah sebagaimana yang telah diatur dalam pasal 79 undang-undang nomor 22 tahun 1999 tentang pemerintahan daerah, berdasarkan pasal 79 UU 22/1999 disimpulkan bahwa sesuatu yang diperoleh pemerintah daerah yang dapat diukur dengan uang karena kewenangan (otoritas) yang diberikan masyarakat dapat berupa hasil pajak daerah dan retribusi daerah.


  Realisasi penerimaan PAD Kota Sukabumi, dalam tahun 2012 mencapai Rp 17. 887 .959. 564, atau mencapai 118,63 persen dari target yang ditetapkan, yakni sebesar Rp15.78.394.800 Realisasi penerimaan PAD Kota Sukabumi tersebut, antara lain dari Pajak Daerah, yang terdiri dari Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pajak Hiburan, dan Pajak Penerangan Jalan. Sedangkan realisasi penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Kota Sukabumi, dalam tahun 2012 Rp 6 .961. 724.350 , atau mencapai 118,43 persen dari target yang ditetapkan, yakni sebesar Rp. 5. 878. 203 .968 .


 Demikian  Anggota Komisi III Bidang Kesra DPRD Kota Sukabumi, Syihabudin, S.Pdi.  bersama  Kepala Bagian Rapat, Risalah dan Informasi Sekretariat DPRD, Asep L. Sukmana, S.H., M.Si. pada acara penerimaan tamu rombongan dari Komisi C DPR Kabupaten Aceh Utara  yang dilangsungkan di ruang Rapat paripurna DPRD rabu(29/5).


Hal tersebut dapat dicapai “ungkapnya” berkat hasil kerja keras semua pihak, khususnya aparat instansi terkait, yakni Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD), serta aparat wilayah kecamatan dan kelurahan yang ditunjang dengan tingkat kesadaran  warga masyarakat atau para Wajib Pajak (WP), dalam memenuhi kewajibannya,


Menurut Ketua Komisi C DPR Kabupaten  Aceh Utara, Azhari bersama 9 angggota. Lainnya, menegaskan bahwa setelah kami mempelajari secara detile, ternyata   Kota Sukabumi dipandang  cukup berhasil  dalam menggali potensi PAD, sehingga kami merasa tertarik untuk mempelajari  kiat—kiat yang musti dilakukan dalam menggali PAD tersebut yang akan  diterapkan di daerah  Aceh Utara/dendayasa


0 komentar :

Posting Komentar