Selasa, 21 Mei 2013


Festival Keanekaragaman Makanan Khas Jawa Barat 2013
Tingkat Kota Sukabumi


                                                    Sukabumi,


    TP. PKK .Kecamatan Cikole  tampil sebagai juara pertama dalam Festival Keanekaragaman Makanan Khas Jawa Barat 2013 tingkat Kota sukabumi yang dilangsungkan di ruang pertemuan Sekretariat PKK selasa (21/5) , Kedua dimenangkan oleh TP.PKK Kecamatan Gunung puyuh dan ketiga diraih oleh TP. PKK Kecamatan Baros.

       Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua TP. PKK Kota Sukabumi, Ny. Hj. Esih Setiasih Muraz dengan dihadiri Wakil Ketua, Ny. Hj. Fitri Hayati Fahmi , Jajaran pengurus TP. PKK Kecamatan, unsur dari BPMPKB, DisperindagKop, serta undangan lainnya.

        Ny. Hj. Esih Setiasih Muraz menjelaskan, bahwa makanan khas atau yang lebih dikenal dengan sebutan makanan etnik , yakni jenis makanan yang diciptakan, sesuai dengan potensi yang dimiliki daerah masing-masing. Dengan   tujuan untuk mengangkat makanan khas daerah, menjadi makanan yang dapat diterima dan disukai oleh berbagai lapisan warga masyarakat. Dengan demikian, makanan tersebut dapat dijadikan komoditi unggulan daerah masing-masing, sekaligus dapat meningkatkan kuliner warga masyarakat, khususnya dalam bidang makanan khas atau makanan etnik daerah masing-masing. Selain itu, juga dapat meningkatkan ekonomi warga masyarakat, khususnya para pelaku usaha makanan khas atau makanan etnik daerah masing-masing.

Lebih lanjut dijelaskan , Ny. Hj. Esih Setiasih Muraz,   Sukabumi merupakan salah satu daerah penghasil ubi kayu, ubi rambat, talas, jagung dan lain-lain, yang dapat dijadikan bahan pokok pengganti beras. Namun untuk menambah nilai gizi bahan-bahan makanan tersebut, perlu dilakukan penambahan atau dikolaborasikan dengan bahan-bahan lain, yang berasal dari bahan yang mengandung unsur hewani dan protein nabati. Dengan demikan, makanan tersebut dapat dikonsumsi sebagai makanan keluarga, dengan nilai gizi yang cukup, sesuai dengan kebutuhan atau dengan sebutan gizi seimbang.

Menurut  Ketua Kelompok Kerja (Pokja) III TP PKK Kota Sukabumi, selaku Panitia Penyelenggara, Ny. Hj. Ferry Endjon, Festival Keanekaragaman Makanan Khas Jawa Barat Tingkat Kota Sukabumi Tahun 2013 ini, diikuti 7 TP PKK Kecamatan se Kota Sukabumi. juara pertama akan diikutsertakan pada festival yang sama Tingkat Provinsi Jawa Barat, yang menurut rencana akan dilaksanakan di Bandung, pada tanggal 8 dan 9 Juni 2013 mendatang/editor/dendayasa

0 komentar :

Posting Komentar