Senin, 22 Juli 2013




 Sukabumi


Pembangunan sarana saluran serat optik bawah tanah bersama (ducting) yang akan dilaksanakan dikota sukabumi,  apresiasi tinggi dari pemerintah pusat.

 Walikota Sukabumi, H.Mohamad Muraz, SH MM,  ketika menerima kehadiran Direktur PT Jasa Telekomunikasi dan Telematika Prov.Jabar bersama Masyarakat Telekomunikasi Indonesia, Irwansyah, Walikota  senin siang 22/7 2013 di ruang utama pada intinya telah menyatakan siap untuk pembangunan ducting tersebut. sebagai langkah antisipasi dalam membenahi estetika kota. 

Menurut , Irwansyah ,Ducting merupakan  sebuah alat untuk membantu mengisi kabel fiber optik ke dalam tanah di kedalaman sekitar 50 cm dan lebar galian 5-10 cm. "Selama ini kabel fiber optik di udara, nanti dimasukkan ke dalam ducting bersama .

"Dengan adanya ducting, maka 15 tahun yang akan datang tidak akan ada penggalian untuk fiber optik. Penggalian ducting pun dilakukan dengan teknologi mesin pemotong jalan (trancher) sehingga penggalian lebih sempit, tidak telalu banyak galian berserakan dan cepat. Untuk pembangunan ducting ini, pemkot tak mengeluarkan biaya karena kerja sama dengan provinsi"


Dikemukakan Direktur PT. Jasa Telekomunikasi dan Telematika Provinsi Jawa Barat, Sistem ducting merupakan sarana dan utilitas saluran infrastruktur jaringan komunikasi, yang dapat digunakan secara bersama oleh seluruh penyelenggara layanan komunikasi secara terpadu, dengan perencanaan dan penataan estetika kota. Penyediaan infrastruktur broadband secara menyeluruh telah ditetapkan menjadi bagian dari program nasional Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan (MP3EI) pada sektor pembangunan Information and Communication Technology (ICT) untuk penguatan konektivitas nasional.

"Ini untuk menjadikan Kota sukabumi sebagai smart city. Ducting ini sebuah alat untuk membantu mengisi kabel fiber optik ke dalam tanah dengan kedalaman sekitar 50 cm dan lebar galian 5 - 10 cm. Selama ini kabel fiber optik yang ada di udara kita coba turunkan, kemudian dimasukkan ke da­lam ducting. Hal ini berkaitan dengan estetika keindahan kota yang terganggu kabel yang tidak tertata dengan rapi".


Upaya memperlancar proses pembangunan Ducting Pemerintah Kota Sukabumi, akan segera mungkin untuk mempersiapkan sufrastrukturnya.



0 komentar :

Posting Komentar