Senin, 22 Juli 2013




Sukabumi,.

Secara harfiah kata Safari dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki makna perjalanan atau petualangan jarak jauh dalam kegiatan ekspedisi, baik penelitian, penyelidikan dan wisata. Dari pemaknaan tersebut, maka safari yang harus dilakukan adalah menjangkau tempat-tempat yang jauh , penelusuran terhadap persoalan-persoalan yang selama ini menjadi kendala bagi masyarakat yang harus dicari solusinya. Dengan demikian, pemerintah benar-benar harus memahami keadaan warganya secara nyata dan sekaligus warga  merasa dekat dengan pemimpin atau pemerintahnya.
Bagi unsur Muspida Kota Sukabumi dan Organisasi perangkat daerah,serta MUI,  para Camat dan Lurah  Safari tidak hanya sebatas dilakukan  pada bulan suci ramadhan saja, akan tetapi dilakukan pula melalui  Jumat Keliling (Jumling) serta   kunjungan incognito ke wilayah, guna menyerap informasi langsung dari bawah sebagai bahan   kajian lebih lanjut.  

Diungkapkan Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, SH , MM , Melalui Safari atau silaturrahim. memiliki efek yang sangat konstruktif baik bagi kehidupan individu maupun sosial. Sebagaimana dianjurkan oleh Rasulullah SAW, silaturrahim memiliki banyak manfaat. Diantaranya adalah memperpanjang usia dan memperbanyak rezeki bagi yang melakukannya. Seperti hadis Rasulullah SAW. “Barang siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambungkan silaturrahim” (HR. Bukhari).

Menurut  Wakil Walikota, H.Achmad fachmi, SAG,MM PD,Safari Ramadhan 1434 hijriyah di Kota Sukabumi dilaksanakan selama 10 hari, yakni dari tanggal 15 sampai dengan 26 juli 2013.Masjid-Masjid Jamie yang menjadi tempat safari sesuai dengan jadwal, yaitu Masjid Jamie Nurul Fatwa Jalan Ciandam RW, 06 Kelurahan Cibeureum hilir Kecamatan Cibeureum(15/7), Masjid Al-Mu’minun jalan Jamrud II RW 12 Kecamatan baros(16/7), Masjid Nurul Amal Jln Pelda Suryanta Kelurahan Nanggeleng (17/7).
“ Masjid Jamie Nurul Islam jalan Cemerlang RW. 04 Kelurahan Sukakarya Kecamatan Warudoyong (18/7), Masjid Abdurrahman bin Auf kompleks Pesantren Terpadu Hayyatan Toyyibah Keluarahan Karamat Kecamatan Gunung puyuh(19/7), Masjid Ibnu Sinna Jalan RA Kosasih RW 07 Kelurahan Cisarua Kecamatan Cikole(20/7), Masjid At-Taqwa Pontren At-Taqwa RW. 03 Kelurahan Sindangsari Kecamatan Lembursitu, (23/7), Gedung DPRD (24/7), Masjid Agung (25/7) dan Masjid Al-Ikhlas Pemda (26/7)”.
Pada setiap kunjungan atau Safari, Walikota dan Walikota , H. Mohamad Muraz, SH,MM dan H. Achmad Fachmi, SAg,MM.PD, menyerahkan bantuan dana berikut sarana keagamaan dan bingkisan dari Ketua DPRD, Aep Saepurachman, SE, serta dari Kementrian Agama

0 komentar :

Posting Komentar