Kamis, 20 Februari 2014




 Sukabumi,

TK Sukapirena Kecamatan Cikole Kota Sukabumi tampil  sebagai juara pertama  dalam Lomba Sekolah Sehat( LSS)) ditingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2013. sehingga TK tersebut berhak mewakili Provinsi Jawa Barat untuk  mengikuti lomba yang sama diTingkat Nasional Tahun 2014 dan  menurut rencana akan dilaksanakan  Juni atau Juli 2014 . Sedangkan SMPN 3 Kecamatan Citamiang  meraih gelar juara kedua.

 

Dengan berhasilnya TK Sukapirena meraih gelar juara pertama dan SMPN 3 meraih gelar juara kedua  lomba tersebut, Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., secara apresiatif mengucapkan  terima kasih dan  penghargaan setinggi-tingginya kepada  seluruh OPD terkait  , khususnya kepada  kedua lembaga pendidikan tersebut  serta   Puskesmas Selabatu  dan Puskesmas Tipar yang telah berupaya keras sehingga  mampu menampilkan sesuatu yang terbaik bagi  kota sukabumi

Dikatakannya, gelar juara pertama yang diraih TK Sukapirena dan juara kedua yang diraih SMPN 3 tersebut, merupakan kado bagi pemerintah dan warga masyarakat Kota Sukabumi, yang akan memperingati 1 Abad atau 100 Tahun Hari Jadi Kota Sukabumi yang jatuh pada tanggal 1 April 2014 .

Sementara Kepala Puskesmas Selabatu, drg. Suhendro Rusli dan Kepala TK Sukapirena, Sr. Sukapirena Laurentina Lilik, Osu. Menjelaskan, pihaknya merasa yakin dan optimis, bisa meraih gelar juara pertama LSS Tingkat Nasional Tahun 2014. Untuk itu, pihaknya beserta jajarannya, saat ini sedang melakukan berbagai persiapan dan penataan dalam berbagai bidang, termasuk melakukan pembinaan terhadap Dokcil (Dokter Cilik), khususnya yang berkaitan dengan UKS (Usaha Kesehatan Sekolah), menjaga kesehatan, kebersihan dan keindahan lingkungan sekolah dan sekitarnya, serta PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat).

Dikatakannya, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan tersebut, setiap siswa diberi Buku Panduan PHBS, serta setiap siswa yang akan masuk ke ruangan kelas, terlebih dahulu diperiksa oleh Dokcil, dari mulai ujung rambut hingga ujung kaki. Maksud dan tujuannya, supaya seluruh siswa terbiasa melaksanakan sekaligus membudayakan PHBS.

Sedangkan program lainnya yang dilaksanakan, yakni seluruh siswa juga secara rutin setiap minggu sekali, melaksanakan operasi semut atau membersihkan sampah di sekitar Jalan Suryakencana Kota Sukabumi. Selain itu, juga secara rutin melakukan kunjungan ke Posyandu dan Posbindu, termasuk ke Puskesmas Selabatu. Maksud dan tujuannya, supaya seluruh siswa bisa lebih paham dan mengerti tentang pentingnya kebersihan dan kesehatan, baik secara teori maupun secara praktik.

Dikatakan pula, keberhasilan meraih gelar juara pertama LSS Tingkat Jawa Barat tersebut, merupakan keberhasilan semua pihak, yakni pihak sekolah, para siswa dan orang tua, serta warga , Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Puskesmas Selabatu, Pemerintah Kota Sukabumi, serta instansi dan lembaga terkait lainnya.

0 komentar :

Posting Komentar