Rabu, 12 Februari 2014




Sukabumi.

Wakil Gubernur Jawa Barat, H. Deddy Mizwar  ketika“Sekilas  memahami sejarah Mochi Kaswari Lampion , merasa terinspirasi dengan kesabaran dan ketekunan pendiri Mochi Kaswari  “ Kuswandi”,  ternyata  beliau setelah melalui perjalanan panjang jatuh bangun  bertahun-tahun menggeluti  bisnis kuliner ini yang tidak digeluti oleh  orang lain,   rugi dan  tidak laku itu sudah menjadi hal yang lumrah baginya ,dilewatinya dengan penuh  kesabaran dan ketekunan, sehingga mampu  Mochi Kaswari menjadi cikal bakal berdirinya industri kue mochi di Kota Sukabumi,”

Wakil Gubernur Jawa Barat, H. Deddy Mizwar, ketika  meresmikan Galeri Mochi Kaswari Lampion yang menempati gedung baru di Jl. Bhayangkara Gg. Kaswari No. 9 Kota Sukabumi, baru-baru ini ( 12/2).

Sentra produksi makanan khas Sukabumi sebelumnya berada di Gg.Kaswari 19, sedikit agak  menjorok kedalam gang . Namun Setelah menempati gedung baru  para pelanggan atau  konsumen kini lebih leluasa dan strategis , karena  dilengkapi lahan parkir memadai dan tidak terlalu jauh dari  jalan raya.

Dalam kesempatan tersebut, Wagub mengatakan merasa sangat terkesan dengan kehadiran Galeri Mochi Kaswari Lampion ini.

Lebih lanjut uangkap Wagub,  “Yang kedua terkesan dengan kegigihan Kuswandi yang mampu memperkenalkan kue mochi yang awalnya adalah makanan dari Negara Jepang, menjadi makanan yang cocok dengan lidah orang Indonesia bahkan menjadi ciri khas dari Kota Sukabumi. Bahkan saat ini sudah banyak variasi rasa yang dikembangkan, dari yang awalnya hanya satu rasa sekarang sudah ada bermacam-macam rasa bahkan mungkin ke depannya bisa lebih banyak lagi. Ini sesuatu yang dipandang cukup  luar biasa, bisa menjadi inspirasi bagi para pelaku usaha dan juga pengembangan industri kuliner di Kota Sukabumi,” ujarnya  

Wagub mengharapkan, kehadiran industri rumahan seperti yang dirintis oleh mochi Lampion ini dapat melahirkan entrepreneur-enterpreneur baru yang mampu menyerap banyak tenaga kerja dan juga memberi efek positif terhadap geliat ekonomi di daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pemilik usaha Mochi Kaswari Lampion, Wanti Kuswanti mengemukakan, usaha mochi kaswari ini merupakan usaha keluarga yang dirintis sejak tahun 1983 oleh Bapak Kuswandi. Meskipun awalnya banyak hambatan yang dihadapi dalam menjalankan usaha ini, namun, berkat kesabaran, ketekunan dan keuletan yang terus dipupuk, kini, setelah lebih dari 30 tahun berdiri, Mochi Kaswari telah menjadi ikon oleh-oleh khas Kota Sukabumi.

Saat ini, Mochi Kaswari Lampion memiliki 75 orang tenaga kerja dengan kapasitas produksi 10.000 – 20.000 butir kue pada hari biasa dan 20.000 – 40.000 butir kue pada hari libur. Dengan ditempatinya galeri baru ini, Wanti berharap akan lebih banyak konsumen dan wisatawan yang lebih mengenal Mochi Kaswari Lampion.ujarnya.



0 komentar :

Posting Komentar