Kamis, 12 September 2013





Sukabumi,

Seiring dengan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK) Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD) Kota Sukabumi tak ubahnya seperti radio lain di indonesia  jangkauan siarannya telah melampaui batas dunia dan benua yang dikemas melalui  voice streaming yang dilengkapi dengan  Website (www.sukabumikota.go.id).

RSPD mengudara pada frekuensi 99.9 FM lahir pada tanggal 11 September 1969. Dari sebuah  embrio  Radio Eksperimental  yang dirintis  tahun 1966 dikelola oleh Departemen Penerangan (Deppen), KOMRES 823 dan KODIM 0607 dengan nama Radio Persiapan RRI Sukabumi. 


Setelah melalui perjalanan panjang , uji coba serta memiliki tingkat  kepatutan dari sisi infrastruktur , maka  Radio Persiapan RRI Sukabumi dilengkapi dengan sufrastruktur yang diterbitkan secara regulative  melalui Keputusan Gubernur Jawa Barat menjadi Studio Radio Daerah Sukabumi ( Sturada ) , mengudara pada gelombang SW 118,92 KHz. Yang beralamat  dijalan Kenari nomor 4  pada tanggal 11 September 1969. 


Sejak berdirinya hingga tahun 2005 RSPD seiring dengan perkembangan yang ada, mengalami beberapa perubahan  dari SW beralih ke MW kemudian dari MW beranjak ke FM, namun semua perangkat radio dirancang cukup sederhana melalui tangan-tangan terampil putra daerah (Rakitan), namun hasilnya cukup memberikan arti bagi pembangunan informasi Pemerintah dan masyarakat Kota dan Kabupaten Sukabumi yang pada intinya  setiap pemberitaan yang dikemas melalui spot layanan public secara praktis pragmatis   disambungsiarkan oleh Radio-Radio milik Swasta. 


Awal tahun 2006, Pemerintah Kota Sukabumi melalui Sekretaris Daerah pada masa itu, H. Mohamad Muraz, SH MM mendorong dengan cepat Kepala  Kantor Informasi dan Komunikasi (Infokom),  Drs. Hamdan, MM untuk memiliki sebuah Mesin Radio yang benar benar  memiliki nilai  kwalitas (Build Up) yang sengaja didatangkan  dari luar negeri (Italy).
Pertengahan tahun 2006 mesin tersebut diopersionalkan dan Alhamdulillah kendati telah  menginjak usia 7 tahun  mesin tersebut masih berjalan dengan mulus, namun semua itu tidak terlepas dari  sisi maintenance yangdilakukansecarakontinyu.  

RSPD FM Kota Sukabumi beralamat di jalan perintis kemerdekaan Gedung Pemuda lantai II,  saat ini bernaung pada Kantor Komunikasi dan Informatika memiliki beberapa program unggulan RSPD diantaranya Pesona Pagi, Niagara, Balada, Wayang Golek, Dimensi, Kopi Sore,dan Merumput. 

Bertepatan dengan Peringatan Hari Olah Raga Nasional ( Haornas) ke-30  tingkat Kota Sukabumi ,11 September 2013 RSPD
Berusia 44 tahun, diperingati cukup sederhana melalui pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Kepala Kantor Kominfo, Ir. H. Cecep Mansyur, MM dengan dihadiri segenap Karyawan-wati Kominfo serta  seluruh Crew RSPD dan undangan lainnya.


Kepala kantor Kominfo menegaskan, bahwa Indonesia telah menetapkan bahwa dari tahun 2011 hingga tahun 2018, system penyiaran mengalami perubahan yang cukup signifikan, yakni dari manual mengarah ke wilayah digital yang dilakukan melalui 3 tahapan, yang pertama  receiver manual , kedua manual – digital dan ketiga digital full.

Mencermati kondisi demikian ” ungkap” Ir. H. Cecep mansyur, MM, Kominfo kini tengah membuat rancangan atau langkah antisipatif upaya memiliki mesin tersebut, agar tidak jauh ketinggalan oleh pihak  radio lain, termasuk masalah pelaksanaan ducting di Kota Sukabumi.


0 komentar :

Posting Komentar