Jumat, 27 September 2013



Sukabumi,

Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), bagi Pemerintah Kota Sukabumi merupakan salah satu program yang sangat strategis, dengan dasar pemikiran dan basis sasaran para siswa di sekolah, UKS merupakan media pembelajaran yang tepat, khususnya dalam upaya mengenalkan dan membiasakan sejak dini  masyarakat, untuk terbiasa hidup sehat, melalui   pengelolaan penataan  lingkungan hidup yang dibangun penuh dengan kebersamaan.

Melalui program Trias UKS “  Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan dan Penyuluhan Lingkungan Sehat, dengan harapan  dapat meningkatkan derajat kesehatan warga masyarakat, yang tentunya dapat berpengaruh terhadap peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Selain itu, melalui Trias UKS, juga diharapkan dapat mendorong upaya pencapaian program Kota Sukabumi Sehat, Jawa Barat Sehat, dan Indonesia Sehat. Ketiga, kondisi warga masyarakat yang sehat, selain akan mencerminkan keberhasilan pembangunan, juga dapat menjadi aset berharga bagi Pemerintah Kota Sukabumi, khususnya dalam menghadapi berbagai tantangan dan problematika pembangunan, pada masa mendatang yang semakin kompleks.

Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, SH MM berkenaan dengan tampilnya
SMK Negeri 1sebagai  juara III  dalam Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Nasional Tahun 2013. Dengan keberhasilan tersebut, SMK Negeri 1  memperoleh  Piagam Penghargaan, Trophy dan Uang Pembinaan dari Pemerintah Pusat.  I, diraih SMA Pembangunan Kota Metro Provinsi Lampung, dan juara II SMA Negeri 1 Kabupaten Gianjar Provinsi Bali.

Kepala SMK Negeri 1 Kota Sukabumi, Saepurohman Udung, M.Pd. menjelaskan, keberhasilan tersebut merupakan keberhasilan semua pihak, yakni pihak sekolah, Pemerintah Kota Sukabumi, instansi terkait, para siswa dan orang tua murid.
“Kiat- yang dilakukan dalam meraih keberhasilan tersebut,  soliditas di dalam, antara Kepala Sekolah dengan Dewan Guru, Tata Usaha dan para Siswa, terutama dalam memahmi visi dan misi sekolah, peningkatan disiplin dan profesionalitas kerja, serta reward and punishment, yakni memotivasi untuk melakukan kebaikan dan meningkatkan prestasi dalam berbagai bidang. Selain itu, pihaknya beserta seluruh jajarannya, senantiasa berupaya optimal mewujudkan SMK Negeri 1 Kota Sukabumi menjadi sekolah unggulan di Kota Sukabumi, serta menjadi sekolah yang Rahmatan Lil Alamin, yakni sekolah yang bermanfaat bagi warga masyarakat, lingkungan dan Pemerintah Kota Sukabumi”.

“Kegiatan lainnya yang dilaksanakan, yakni setiap siswa setiap pagi diwajibkan membaca AL-Quran, serta setiap satu minggu sekali diwajibkan mengikuti Pendidikan Agama Islam (PAI) secara terpadu, termasuk belajar Sholat Jenazah dan Sholat Istikhoroh. Selanjutnya pada setiap Kamis malam diwajibkan mengikuti Malam Pembinaan Iman dan Taqwa (Mabit), serta pada setiap Jumat subuh diwajibkan mengikuti Sholat Subuh Berjamaah di Masjid Agung “.

Prestasi lainnya yang berhasil diraih baru-baru ini, seperti dijelaskan Kepala SMK Negeri 1 Kota Sukabumi, antara lain masuk 7 besar Lomba Ekselen Tingkat Internasional yang dilaksanakan di Jerman, untuk Mata Lomba Industrial Control, atas nama siswa SMKN 1 Kota Sukabumi Jurusan Listrik, Eko Iman Gunawan. Kemudian juara I Lomba Mekatronika Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2013, dan saat ini sedang mengikuti lomba yang sama di Tingkat Nasional mewakili Provinsi Jawa Barat, yang berlangsung selama 4 hari, tepatnya dari tanggal 23 sampai dengan 26 September 2013, bertempat di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta./dens

0 komentar :

Posting Komentar