Selasa, 07 Februari 2012


Sukabumii, 

Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi, senantiasa memberikan perhatian yang cukup tinggi terhadap dunia pendidikan, khususnya dari sisi kelembagaan. Namun dari sisi operasional, khususnya dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), menurut Wakil Walikota Sukabumi, Doktor H. Mulyono, M.M., masih perlu ditingkatkan kembali. Maksud dan tujuannya, supaya di Kota Sukabumi tidak terjadi kesenjangan jumlah siswa, antara sekolah negeri dengan sekolah swasta. 


Untuk itu, dalam pelaksanaan PPDB, setiap sekolah di Kota Sukabumi, harus sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 41 Tahun 2007, dan Surat Keputusan (SK) Walikota Sukabumi, yakni dalam setiap kelasnya maksimal 32 orang, serta harus disesuaikan dengan jumlah ruangan kelas yang dimiliki oleh masing-masing sekolah. 

Selain itu, Wakil Walikota Sukabumi, juga berharap kepada sekolah-sekolah swasta di Kota Sukabumi, agar senantiasa berupaya optimal meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran, serta harus senantiasa bersinergi dan berkomitmen dengan sekolah-sekolah negeri di Kota Sukabumi, khususnya dalam melaksanakan PPDB. Adapun komitmen yang harus senantiasa ditaati dan dijunjung tinggi oleh setiap sekolah di Kota Sukabumi, diantaranya mengenai jumlah siswa dalam setiap kelas. Sedangkan khusus kepada sekolah-sekolah negeri di Kota Sukabumi, Wakil Walikota Sukabumi berharap, agar tidak melakukan penambahan ruangan kelas baru. Maksud dan tujuannya, sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan, sekaligus mengembangkan sekolah-sekolah swasta di Kota Sukabumi. 

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kota Sukabumi, Drs. Ayep Supriatna, M.M. menjelaskan, jumlah siswa khususnya di SMA Negeri, dalam setiap kelasnya sesuai dengan Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007, dan SK Walikota Sukabumi, yakni maksimal 32 orang. Selain itu, dalam tahun pelajaran 2011-2012, tidak ada satu pun SMA Negeri di Kota Sukabumi, yang melakukan penambahan ruangan kelas baru. Maksud dan tujuannya, sebagai salah satu upaya, untuk meningkatkan sekaligus mengembangkan sekolah-sekolah swasta di Kota Sukabumi. 

Yang tidak kalah penting, pihaknya saat ini sedang mencari solusi yang terbaik, terkait dengan banyaknya pihak di Kota Sukabumi, yang menitipkan siswa ke sekolah-sekolah negeri, terutama pada setiap pelaksanaan PPDB. Karena hal tersebut, menurut Kepala Dinas Pendidikan Kota Sukabumi, menjadi salah satu masalah dan dilema, khususnya bagi sekolah-sekolah negeri di Kota Sukabumi. Endang S. 

0 komentar :

Posting Komentar