Kamis, 09 Februari 2012



Sukabumi
,
Vihara Widhi Sakti Kota Sukabumi, menurut rencana akan menyelenggarakan perayaan Cap Go Meh Tahun 2563 Imlek. Ketua Panitia Penyelenggara Perayaan Cap Go Meh Tahun 2563 Imlek, Lie Thiam Sun menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan perayaan tanggal 15 Bulan Imlek, sebagai acara penutup perayaan Tahun Baru Imlek. 

foto dok.
Sedangkan yang dimaksud dengan Cap Go Meh, yakni salah satu acara ritual, sebagai bentuk perwujudan rasa syukur, sekaligus permohonan berkah keselamatan kepada Tahun Yang Maha Esa, agar seluruh warga masyarakat terhindar dari berbagai mala petaka dan bencana. Selain itu, juga untuk mempererat tali persaudaraan dan membina kerukunan umat beragama, sekaligus melestarikan nilai-nilai budaya, yang bermanfaat bagi segenap umat. 

Diharapkannya, melalui perayaan ini dapat menghasilkan kegiatan yang positif, khususnya dalam meningkatkan karakter dan perilaku umat ke arah yang lebih baik lagi, dengan senantiasa menjunjung tinggi asas kebersamaan, saling menghargai dan saling menghormati, serta senantiasa peduli terhadap sesama umat, dengan senantiasa menumbuhkan dan meningkatkan rasa kasih sayang, sesuai dengan maksud dan tujuan perayaan Cap Go Meh. 

Sementara Sekretaris Panitia Penyelenggara Perayaan Cap Go Meh Tahun 2563 Imlek, Bambang Hariadi, S.Ag., M.Pd. B. mengatakan, seperti pada tahun-tahun sebelumnya, perayaan Cap Go Meh Tahun 2563 Imlek ini, juga akan diisi kirab penggotongan Tandu atau Joli keliling Kota Sukabumi, yang didalamnya terdapat para Dewa dan Dewi, diiringi atraksi Barongsai dan Liong atau Naga, dari berbagai perkumpulan Barongsai dan Liong, serta berbagai kesenian daerah, seperti Pencak Silat, Kuda Lumping, Calung, Reog, Tanjidor dan sebagainya, baik dari dalam maupun dari luar Kota Sukabumi. Dikatakan pula, kegiatan tersebut mengambil tema, Dalam kedamaian dan keharmonisan, kita sambut masa depan nan jaya, menuju Kota Sukabumi sehat, cerdas dan sejahtera, berlandaskan iman dan takwa. 

Adapun waktu pelaksanaan kirab perayaan Cap Go Meh Tahun 2563 Imlek tersebut, menurut rencana akan dilaksanakan pada hari Minggu, tanggal 12 Februari 2012, mulai pukul 15.00 sampai dengan pukul 21.00 WIB. Sedangkan rute kirab tersebut, start dari Jalan Pejagalan tepatnya dari depan Vihara Widhi Sakti Kota Sukabumi, kemudian masuk ke Jalan Pelabuhan II, Jalan Harun Kabir, Jalan A. Yani, Jalan Zaenal Zakse, Jalan R.E. Martadinata, Jalan Ciwangi, Jalan A. Yani, Jalan Nyomplong, Jalan Pasundan, Jalan Lettu Sobri, Jalan Teratai, dan finish di Jalan Pejagalan, depan Vihara Widhi Sakti Kota Sukabumi./endang.s.

0 komentar :

Posting Komentar