Minggu, 17 November 2013







Sukabumi,


Menteri Kesehatan RI dr. Nafsiah Mboi menyerahkan penghargaan Kota Sehat 2013 kategori   Swasti Saba Wistara  kepada Walikota Sukabumi H.M. Muraz, SH MM  pada puncak acara peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 49 di Merlynn Park Hotel, Jakarta (14/11).

Penghargaan  kategori Swasti Saba Wistara khusus di Jawa Barat hanya diberikan kepada Kota Sukabumi, Cimahi dan Cirebon. Sedangkan kategori Swasti Saba Padapa diraih oleh Kota Bogor, Kota Bandung, Kota Cirebon, Kota Depok, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Bandung Barat, Subang, Sumedang, Indramayu dan Cianjur. Sedangkan Kategori Swasti Saba Wiwerda diraih oleh Kabupaten Kuningan dan Banjar.

Bagi Kota Sukabumi penerimaan penghargaan tersebut merupakan penghargaan yang ketiga kalinya sebagai  Kota Sehat tahun 2013 dengan  kategori Swasti Saba Wistara atau daerah yang sedang berkembang dalam bidang pelayanan kesehatan, bersama  95 kota dan kabupaten di Indonesia.

 Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, SH, MM menegaskan ,  Kategori Swasti Saba Wistara yang kita raih merupakan penghargaan tertinggi di bidang kesehatan, karena saat ini pelayanan kesehatan di Kota Sukabumi telah memasuki  tahap perkembangan.

“Penilaian kota sehat kategori Swasti Saba Wistara terbagi dalam lima tatanan yang melibatkan beberapa OPD terkait yakni kawasan pemukiman sarana prasara umum, kawasan industri dan perkantoran sehat, ketahanan pangan dan gizi, sarana tertib lalu lintas dan pelayanan trasportasi serta kehidupan masyarakat yang sehat dan mandiri”.

Dikemukakan Walikota “Jika melihat lima tatanan tersebut, penilaian yang dicapai sudah dianggap baik oleh tim penilai, sehingga kita layak menerima penghargaan kota sehat. Sehingga bilamana  ada yang mengatakan kita tidak layak menerima penghargaan tersebut, tolong sebutkan indikatornya,”

Lebih lanjut Walikota mengatakan, layak atau tidak layaknya Kota Sukabumi menerima penghargaan Kota Sehat merupakan kewenangan tim penilai, karena bukan pemerintah daerah sendiri yang melakukan penilaian. Bahkan menurutnya, Keberhasilan Kota Sukabumi meraih penghargaan Kota Sehat tahun 2013 merupakan keberhasilan dan kerja keras semua pihak, yakni pemerintah dan warga masyarakat termasuk didalamnya jajaran Pengurus Forum Kota Sehat Kota Sukabumi.

“Sampai saat ini tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di Kota Sukabumi mencapai 70 persen, khususnya di RSUD R. Syamsudin, SH yang menjadi rujukan berbagai rumah sakit di wilayah Sukabumi,” tandasnya.

Penghargaan demi penghargaan terus diraih,  tidak hanya  penghargaan Kota Sehat tahun 2013, Kota Sukabumi telah banyak mendulang prestasi , baik ditingkat provinsi maupun nasional  di bidang kesehatan antara lain Lomba Sekolah sehat (LSS), Kota Layak Anak, LAKIP, Adipura dan Wahana Tata Nugraha.

Sebagai bentuk apresiasi atas peran berbagai pihak di bidang kesehatan, Pemerintah Kota Sukabumi memberikan penghargaan pada peringatan Hari Kesehatan Nasional 2013 tingkat Kota Sukabumi. Diantaranya, Piagam Penghargaan dan Uang Pembinaan kepada Pengurus Forum Kota Sehat Kota Sukabumi, Saptaji.
Pada hari yang sama diberikan penghargaan kepada TP UKS Kota Sukabumi, TP UKS Kecamatan Cikole, Puskesmas Selabatu, dan SMK Negeri 1 Kota Sukabumi, yang telah berhasil meraih gelar Juara Ke-3 Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional Tahun 2013, serta kepada Vaksinator Teladan Kota Sukabumi, Zaenal Arifin, dari Puskesmas Cipelang, dan Juara Ke-2 Perawat Gigi Teladan Tingkat Provinsi Jawa Barat, Risnawati, AMGK dari Puskesmas Selabatu

0 komentar :

Posting Komentar