Kamis, 09 Januari 2014




 Sukabumi,

Kelurahan Cipanengah adalah salah satu Kelurahan yang terletak di bagian  Selatan  Pusat Pemerintahan  Kota Sukabumi dan secara administrative berada di Wilayah Kecamatan Lembursitu dengan   VISI “  Terwujudnya pelayanan berkualitas dalam bidang Pemerintahan, Pembangunan -,  menuju masyarakat yang religius, sehat dan sejahtera .



Pada peringatan hari jadi kota sukabumi ke-99 tahun 2013 Kelurahan Cipanengah  tampil sebagai juara   pertama dalam lomba kelurahan hijau di tingkat Kota Sukabumi   dan   sekaligus  berada diurutan pertama di tingkat provinsi jawa barat.



Terbangunnya nunasa lingkungan pemukiman hijau,  di wilayah Kelurahan Cipanengah , tidak terlepas dari  langkah pembinaan pemerintah daerah yang dilakukan melalui OPD terkait  bersama-sama   Tim penggerak PKK dan  komponen masyarakat yang ada.



Melalui langkah kebersamaan dan keterpaduan secara bertahap halaman  pemukiman dan lahan tidur ditata sedemikian rupa dengan ditanami aneka bunga hias, Tanaman Obat Keluarga  dan warung hidup, sehingga menambah nuansa keasrian serta memiliki daya ungkit terhadap    kesehatan dan kesejahteraan.



Sisi lain yang cukup memberikan arti bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat  adalah  melalui Pelatihan Pengelolaan sampah berbasis masyarakat dalam pembuatan komposting Serta   keterampilan lain  dengan memanfaatkan barang limbah. 






Kehadiran Kelurahan Cipanengah hijau ternyata banyak mengundang perhatian warga  pribumi maupun pihak ICLEY yang sengaja datang untuk melihat  dari dekat tentang  kondisi lingkungan tersebut serta dinamika kehidupan  masyarakat setempat yang dihiasi penuh dengan nilai partisipasinya.



Wakil Walikota Sukabumi, H.Achmad Fachmi SAg.MMPD mengharapkan dengan Terbangunnya Kelurahan Cipanengah hijau diharapkan akan memiliki dampak  positif  terhadap kelurahan-kelurahan lain yang berada di 7 wilayah kecamatan, mampu menciptakan Greean house dan merekayasa lahan tidur menjadi lahan produktif .



Dilaksanakannya Kelurahan Cipanengah hijau , upaya  meningkatkan kesadaran - motivasi  peran serta masyarakat dalam  mendukung terhadap terciptanya  suasana lingkungan yang asri indah dan sehat





Ketua TP. PKK Kota Sukabumi , Ny.Hj. Esih Setiah mengemukakan Pembangunan Kelurahan Cipanengah hijau, seiring dengan program TP. PKK yang tertuang dalam Rencana pembangunan jangka menengah daerah atau RPJMD dan secara implementatif melibatkan  seluruh  Organisasi perangkat daerah terkait, aparat wilayah serta komponen masyarakat yang ada.



Ketertiban, kebersihan dan  keindahan   merupakan suatu kebutuhan yang harus  dipenuhi secara personality maupun organisasi guna menunjang terhadap tingkat   keamanan dan  kenyamanan beraktivitas baik dilingkungan perkantoran maupun di wilayah lingkungan   pemukiman.



Di kota sukabumi terdapat 5 kelurahan hijau percontohan antara lain Kelurahan Subangjaya, Kebonjati, Citamiang, Dayeuh luhur dan Kelurahan Cipanengah. Ditetapkannnya 5 Kelurahan hijau percontohan tersebut  dari hasil study banding para kepala kelurahan ke kampung hijau di Surabaya/dendayasa,Sip/Akiryadi




0 komentar :

Posting Komentar