Minggu, 26 Januari 2014




 Sukabumi,



Peragaan baris berbaris Polisi Cilik  mengawali jalannya upacara Pencanangan Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas (GN PKBL) Tingkat Kota Sukabumi yang dilangsungkan  Minggu pagi, (26/1) Januari 2014, di halaman  depan Balai Kota yang  ditandai dengan elepasan balon serta pemberian santunan dan helm dari Ka Polresta, AKBP. Hari Santoso   kepada salah seorang korban kecelakaan lalu lintas, Dayat (61 tahun), yang mengalami patah kaki sejak 23 tahun silam.




Polisi Cilik binaan Polresta ini adalah siswi – siswi pilihan  yang telah mampu membawa harum nama kota sukabumi,  yakni tampil sebagai juara pertama dalam lomba baris berbaris di tingkat provinsi jawa barat tahun 2013.


Dalam penampilannya Polisi cilik  menyampaikan pesan-pesan keselamatan berlalu lintas, tugas dan fungsi Polantas, termasuk pesan-pesan untuk  menghindari tindak pidana Kolusi, Korupsi dan Nepotisme (KKN), dilanjutkan Senam Keselamatan Berlalu Lintas, bersama  Anggota Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sukabumi Kota. 




Pembacaan Deklarasi Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas, oleh Ketua TP PKK Kota Sukabumi, Hj. Esih Setiasih Muraz, dan Pembacaan Komitmen Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas, oleh Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd., dilanjutkan penandatanganan komitmen oleh Walikota  dan  Wakil Walikota Sukabumi, Kapolresta, Dandim 0607 , Kepala Kejaksaan Negeri Sukabumi, dan Ketua Pengadilan Negeri Sukabumi, serta para Ketua Club Motor dan Mobil.  


Pencanangan GNPKBL dilengkapi dengan penyerahan cindera mata dari Walikota dan Ketua TP. PKK kepada seluruh anggota Polisi Clilik  serta dilengkapi pula dengan penyerahan  sejumlah door price kepada masyarakat mengikuti jalannya upacara pencanangan terebut.














     Dalam kesempatan tersebut Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M., menginstruksikan kepada seluruh instansi pemangku kepentingan lalu lintas dan angkutan jalan, agar mengambil langkah-langkah yang diperlukan, dalam rangka mewujudkan keselamatan berlalu lintas, sesuai dengan tugas, fungsi dan kewenangannya masing-masing.

Kepada Badan Perencanaan Pembangunan Walikota berharap  agar  berupaya keras mendorong terselenggaranya koordinasi antar para pemangku kepentingan dan terciptanya kemitraan sektoral, guna menjamin efektifitas dan perencanaan strategi keselamatan jalan pada level nasional.

Selanjutnya kepada Dinas Pekerjaan Umum, agar menyediakan insfrastruktur yang dapat meningkatkan keselamatan berlalu lintas, dengan melakukan perbaikan-perbaikan, dari mulai tahap perencanaan, desain, konstruksi dan operasional jalan. Serta  kepada Dinas Perhubungan, agar dapat memastikan, bahwa setiap kendaraan yang digunakan di jalan, sudah memenuhi standar keselamatan.

Sedangkan kepada Dinas Kesehatan, agar meningkatkan penanganan pra kecelakaan, melalui promosi dan penangan kesehatan para pengemudi, pada situasi atau keadaan khusus, serta penanganan pasca kecelakaan, dengan sistem penanggulangan gawat darurat terpadu.

Selain itu,  kepada Polri, agar memperbaiki perilaku para pengguna jalan, melalui pendidikan keselamatan berlalu lintas, meningkatkan kualitas sistem uji Surat Izin Mengemudi (SIM), dan penegakkan hukum di jalan, serta mengembangkan sistem pendataan kecelakaan lalu lintas.
 

Upacara pencanangan  dihadiri  Pimpinan dan Anggota DPRD, Kepala Setukpa Lemdikpol Sukabumi, Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, para Asisten dan Staf Ahli, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Instansi Vertikal, para Camat, unsur Muspika, para Lurah, Wakil Ketua TP PKK, para Kepala Sekolah, Tokoh Masyarakat, Komunitas Club Motor dan Mobil, serta undangan lainnya.dendayasa,SIp



 






0 komentar :

Posting Komentar