Senin, 18 Agustus 2014



Sukabumi, 

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) I Kota Sukabumi melakukan penandatanganan Memorandum of Understending (Mou) dengan dua perusahaan ternama. Yakni PT Denso Indonesia dan PT Exsa Indonedia dalam   perekrutan tenaga kerja, hal  ini  tentunya seiring dengan harapan Walikota, H. Mohamad Muraz, SH, MM pada setiap kunjungan persuasive ke tingkat  sekolah kejuruan. 


        Kepala SMK Negeri I Kota Sukabumi, Saepurahman Udung mengatakan dengan MOU itu sebagai upaya dalam rangka  penyerapan lulusannya untuk memperoleh pekerjaan semakin terbuka, disamping perusahaan-perusahaan lain di tanah air yang telah menjadi mitranya.


“Lulusan kami berada dari Sabang sampai Merauke. Mereka bekerja berbagai perusahaan besar. Dari  438 lulusan Tahun 2014 hanya 26 orang siswa atau sebagian kecil yang melanjutkan ke Perguruan Tinggi,  diantaranya ke UIN Jakarta, Unpan, Universitas 11 Maret dan Universitas Brawijaya,” saat ditemui disela-sela kesibukannya.


Menurut Udung, dengan selesainya belajar di SMK Negeri I para siswa akan mengawali langkah baru dalam kehidupan dan menghadapi tantangan baru dalam lingkungan masyarakat luas pada era globalisasi ini.


“Tentunya tantangan yang bakal dihadapi akan lebih rumit jika dibandingkan selama di bangku sekolah. Saya hanya berpesan, dimana pun berada para lulusan tetap bisa menjaga nama baik sekolah,” 


Lanjut Udung, masyarakat dan industri saat ini senantiasa mengharapkan tenaga kerja yang kompeten dibidangnya dan mampu berkomunikasi dengan baik, dapat bekerjasama, percaya diri, bersikap terbuka, mempunyai sikap kepemimipinan serta menguasai ilmu dasar dan terapan yang menjadi dasar teknologi.


“Saya bangga, sampai saat ini masih mendapat kepercayaan dari pihak industri. Untuk itu para lulusan diharapkan memiliki kepekaan terhadap pelestarian lingkungan hidup, Hak Azasi Manusi dan Hak kepemilikian kepeminmpinan Intelektual saat dilingkungan masyarakat maupun di dunia industri nanti,” terangnya.


Sedangkan, bagi para lulusan yang mengambil jalur berwirausaha. Udung mengingatkan mereka harus mempunyai bekal pengetahuan yang cukup, keterampilan tentang kewirausahaan serta mumpunyai modal. Katanya, semua harapan itu hakekatnya merupakan unsure - unsur kulaitas dari Sumber Daya Manusia yang dibutuhkan masyarakat dan industry untuk menghadapi era globalisasi saat ini yang penuh dengan persaingan dan tantangan.


“Saya sadari beratnya kondisi sekarang ini bagi para lulusan dalam mencari pekerjaan atau berwirausaha, namun saya yakin lulusan kamu tidak pernah berkecil hati untuk tetap tabah serta gigih dalam menghadapi kenyatan ini setelah terjun di  masyarakat,”

0 komentar :

Posting Komentar