Kamis, 28 Agustus 2014



 Sukabumi,



Pagi hari ini jumat 29 agustus 2014, Wakil Walikota Sukabumi, H. Achmad Fachmi,SAg MM.PD menerima Tim penilai lomba Sekolah Sehat ( LSS ) tingkat wilayah bogor  yang  melakukan tugas penilaian  di Kota sukabumi. Empat Sekolah dari Semua Jenjang Pendidikan yang akan dinilai dalam  LSS  antara lain  ,  TK. BPK Penabur jalan Zaenal Jakse, SDN Brawijaya Jalan Brawijaya  SMPN 3 Cipanengah jalan pelabuhan dua  dan SMAN 3 jalan RA Kosasih Ciaul pasir.


Menyikapi kondisi demikian keempat sekolah tersebut telah melakukan Persiapan dan kesiapan yang    dibantu sepenuhnya oleh unsur  Organisasi perangkat daerah terkait, termasuk aparat wilayah kecamatan dan kelurahan  serta warga sekolah yang terdiri  unsur pendidik, para siswa, dewan sekolah dan komite sekolah.



“Melalui langkah kebersamaan, keterpaduan, seluruh elemen terkait  turut ambil bagian sesuai dengan  peran dan pungsinya dalam rangka  melakukan penataan dan  pembinaan terhadap  warga sekolah, untuk dapat melahirkan sesuatu yang terbaik bagi kemajuan sekolah, khususnya dalam menciptakan nuansa sekolah  sehat, indah, tertib, aman dan nyaman  ”.      



Walikota Sukabumi, H.Mohamad Muraz, SH,MM mengemukakan Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) bagi Pemerintah Kota Sukabumi merupakan salah satu program yang sangat strategis, dengan dasar pemikiran dan basis sasaran para siswa di sekolah, UKS merupakan media pembelajaran yang tepat, khususnya dalam upaya mengenalkan dan membiasakan sejak dini  masyarakat, untuk terbiasa hidup sehat, melalui   pengelolaan penataan  lingkungan hidup yang dibangun penuh dengan kebersamaan.



“Melalui program Trias UKS “  Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan dan Penyuluhan Lingkungan Sehat, dengan harapan  dapat meningkatkan derajat kesehatan warga masyarakat, yang tentunya dapat berpengaruh terhadap peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM)”.



Melalui Trias UKS,  diharapkan dapat mendorong upaya pencapaian program Kota Sukabumi Sehat, Jawa Barat Sehat, dan Indonesia Sehat. Ketiga, kondisi warga masyarakat yang sehat,  akan mencerminkan keberhasilan pembangunan, sebagai aset berharga bagi Pemerintah Kota Sukabumi, khususnya dalam menghadapi berbagai tantangan dan problematika pembangunan, pada masa mendatang yang semakin kompleks.



Upaya  menunjang kelancaran dan keberhasilan program UKS di Kota Sukabumi, telah digulirkan beberapa kebijakan. Antara lain Keputusan Walikota Sukabumi Nomor 288 Tahun 2003, Tentang Bebas Rokok di setiap lingkungan sekolah, dan Peraturan Daerah (Perda) Kota Sukabumi Nomor 7 Tahun 2004, Tentang Pendalaman Materi Pendidikan Agama Islam pada sekolah umum di Kota Sukabumi. Sedangkan upaya dalam memupuk jiwa yang sehat sejak dini, di Kota Sukabumi ditempuh melalui pengembangan nilai kejujuran, ketaatan pada aturan dan tanggungjawab, serta pengembangan program Kantin Kejujuran.

Sekolah Sehat (LSS)   telah merubah  Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) siswa. Siswa sekolah yang mengikuti LSS bukan hanya memiliki pengatahuan tentang  hidup bersih, tapi juga mampu mengaplikasikannya.  

0 komentar :

Posting Komentar