Kamis, 09 Oktober 2014



Sukabumi,
Nama  lengkapnya  Usup Supardi  sedangkan    panggilan akrabnya sehari-hari di kalangan karyawan/wati Sekretariat Pemda Kota Sukabumi dan  para kuli tinta  adalah “Mang Ucup”  seorang tukang nasi timbel yang selalu eksis menemui para relasinya pada jam-jam istirahat (Isoma).

Sistem usaha Mang ucup dilakukan secara mobile dari satu kantor ke kantor yang  lainnya, sebagai langkah  promotif dalam menciptakan   kantin kejujuran berjalan,  menanamkan  kepercyaan penuh kepada para  konsumennya.

Ketika dimintai keterangannya oleh SKU. Aspirasi Rakyat , Mang Ucup(51) menuturkan, kelahiran   Cianjur Selatan kampung Cisujen  , pertama masuk kota sukabumi pada tahun 1982 bersama  pendamping hidupnya   Nenah karlina  (45) yang kini menetap di  kota Varis Sukabumi.
Usia penikahan Mang Ucup dibangun sejak  tahun 1987 .  dari hasil pernikahannya kini telah dikarunia  3 orang anak. Yang pertama bernama Nurdin Sukmawan (23) lulusan STM Padjadjaran,  kedua Siti Syifa Fauziah (17) kelas 3 SMK N 3 dan  yang bungsu Siti Dewi Khodijah (10) duduk dibangku  SD kelas 4.

Ketika masih lajang tuturnya,  ia bekerja  di pabrik es, kemudian  untuk merubah nasibnya beralih ke pabrik tahu dan dimulai sejak itulah  “ saya  mulai beranjak untuk memikirkan masa depan keluarga dengan menyisihkan uang gaji, Alhamdulillah memperoleh modal usaha yang cukup dan kemudian mulai beranjak mandiri dengan jualan nasi timbel. 

Selanjutnya Mang Ucup mengclaem “ Kalau  boleh dibilang, sayalah orang pertama yang dagang nasi timbel , karena saya masih  ingat pada orang tua dulu  bahwa  sewaktu jaman   samenan (kenaikan kelas) di kampung tempat kelahiran   selalu dibekali dengan nasi timbel, maka dari situlah saya terinspirasi  untuk  membuat nasi timbel dan Alhamdulillah penggemarnya pun sampai saat ini cukup banyak”.ujarnya

“Sebagai rujuan kehidupan   saya  Raja dangdut Roma Irama “ yang dikenal public dengan lirik lagunya “ Berakit rakit kehulu berenang-renang ketepian, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian, sehingga dari  hasil kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan kerja tuntas “ saya   telah memiliki rumah tempat tinggal sendiri dan  biaya pendidikan anak . 

“Moto hidup saya, jangan menyakiti hati orang lain, terutama orang tua, insyalloh kita akan selalu memperoleh keberkahan “.

Lebih jauh diungkapkan Mang Ucup , bahwa  pertama  yang menjadi kawan silaturakhim saya dilingkungan sekretariat Pemda Kota Sukabumi adalah  seorang PNS  bernama  Dendayasa yang selalu rajin membimbing saya hingga kini lebih menjadi akrab, malahan menjadi lawan tanding saya dalam cabang olah raga tenis meja.

Hanya sayang pada setiap pertandingan  exibisi,  saya selalu jauh  berada dibawah tingkat  permainannya,    melalui   Servis backspin ,Drive , Push, Block,Smash ,Hit, Half volley, Side slip shot, Loop, Flick Drop shot , Short cut, Long cut dan  Lobbing.


0 komentar :

Posting Komentar