Kamis, 31 Oktober 2013




Sukabumi,


Geliat pembangunan di kota sukabumi, seiring dengan aspirasi yang berkembang di masyarakat, mulai dari penyusunan perencanaan, penetapan perencanaan, implementasi perencanaan, hingga sampai ke tingkat evaluasi perencanaan, komponen masyarakat diajak bicara untuk menentukan skala prioritas program yang disajikan dalam bentuk rencana pembangunan tahunan daerah atau rapetada , termasuk program terpadu 4 kementerian  tentang “ usaha kesehatan sekolah”.  (Perda no. 2/2008, tentang Urusan Pemerintahan  dan SK. Walikota no.16/2009, tentang Tim Pembina UKS).


Asisten Prekonomian dan pembangunan Setda, Drs.H. Ipin Syarifin, MSi atas nama Sekretaris daerah pada acara Rapat koordinasi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang dilangsungkan belum lama ini (29/10) di operation room Setda dengan diikuti seluruh Organisasi Perangkat Daerah terkait.     
         

Program UKS bagi pemerintah kota sukabumi   “ungkap” Drs. H. Ipin Syarifin, MSi ,    merupakan salah satu program yang dipandang cukup strategis, dengan dasar pemikian sebagai basis sasaran para siswa di semua jenjang pendidikan, UKS merupakan media pembelajaran yang tepat, khususnya dalam upaya mengenalkan dan membiasakan sejak dini warga masyarakat untuk terbiasa hidup sehat. 


            “Melalui program Trias UKS pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan penyuluhan lingkungan sehat, diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan warga yang  dapat berpengaruh terhadap peningkatan indeks pembangunan manusia ( IPM ), melalui Trias UKS, diharapkan dapat mendorong upaya pencapaian program kota sukabumi sehat, jawa barat sehat dan indonesia sehat”.


Tujuan khusus memupuk tingkat kesadaran/ kebiasaan berprilaku hidup bersih dan sehat serta meningkatkan derajat kesehatan siswa yang mencakup  pengetahuan,sikap, keterampilan untuk melaksanakan prinsip hidup bersih dan sehat serta berpartisipasi aktif dalam usaha peningkatan kesehatan sekolah, dilingkungan rumah tangga dan lingkungan masyarakat, sehat fisik, mental maupun social.


Prestasi LSS dari tahun 1997 hingga 2013


Prestasi yang telah diraih  selama ini oleh Kota Sukabumi dalam  Lomba Sekolah Sehat,  tahun 1997  juara I tingkat nasional  diraih oleh SDN Gentramasekdas, jura I lomba tingkat nasional wawasan wyatamandala diraih oleh STMN, Tahun 2002 juara I Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat nasional  diraih oleh SDN Dewi Sartika CBM.


Tahun 2003 juara harapan II  tingkat nasional  diraih oleh SMPN 5, tahun 2004, juara I  LSS tingkat nasional  diraih oleh SDN Pakujajar CBM, tahun 2005 juara I LSS tingkat nasional  diraih oleh SDN Baros Kencana CBM. Tahun 2006 Juara II LSS tingkat nasional  diraih oleh SDN Gunung puyuh CBM dan pada tahun yang sama TK Pembina Baros tampil sebagai  juara II  tingkat nasional.


Tahun 2007 TK. Fathia tampil sebagai juara I  ditingkat nasional ,kemudian dalam tahun yang sama SDN Cipanengah CBM dan SMKN 2 masing-masing tampil sebagai juara  II  tingkat nasional. Tahun 2008 TK Pembina Lembursitu tampil sebagai juara II tingkat nasional. Tahun 2009 SMPN 10 tampil sebagai   juara harapan II  tingkat nasional. Tahun 2010 Juara V  tingkat nasional yang diraih oleh SDN Dayeuh luhur CBM.


Tahun 2012 juara I  LSS tingkat nasional  diraih oleh SDN Suryakencana CBM dan tahun 2013 juara III tingkat nasional diraih oleh SMKN I.

Prestasi Sekolah Adiwiyata ;

Pada Tahun 2009 yang  memperoleh penghargaan Adiwiyata Mandiri, SDN Dewi Sartika CBM, SDN  Gunung puyuh CBM dan SDN Dayeuhluhur CBM. Sedangkan yang memperoleh penghargaan Adiwiyata ke-3 dan mandiri  tahun 2010 antara lain, SDN Pakujajar CBM, SMKN 3, SDN Cipanengah CBM, SMPN 10 dan SMKN 2










0 komentar :

Posting Komentar