Sabtu, 19 Oktober 2013




Sukabumi,

Tahun 2014 Pemerintah pusat akan menggulirkan Program Keluarga Harapan ( PKH ), Upaya  menyikapi program tersebut Pemerintah Kota Sukabumi bekerjasama dengan Kementrian sosial RI dan Provinsi   menggelar Rapat Koordinasi dengan melibatkan seluruh Organisasi perangkat daerah terkait, termasuk   para Camat dan   anggota pendamping yang dilangsungkan jumat (18/10) 2013 di ruang pertemuan bappeda.


Melalui Rapat koordinasi tersebut Walikota Sukabumi, Mohamad Muraz, SH,MM mengharapkan kepada  para Camat dan Lurah termasuk para ketua RW dan RT untuk dapat melaksanakan pendataan kearah yang lebih baik lagi , jangan  sampai salah alamat, oleh karena itu jaga amanah dengan sebaik mungkin, agar segala bentuk bantuan yang diberikan tepat sasaran yakni kepada   Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM), bukan sebaliknya.


Dikemukakan H. Mohamad Muraz, SH, MM , Tujuan Progran perlindungan sosial berbasis individu , keluarga  dan rumah  tangga  untuk melihat dasar  pengurangan beban hidup dan perbaikan kwalitas hidup masyarakat miskin  di kota sukabumi telah sejak lama dilaksanakan kalau dilihat dari cakupan pemanfaatan  program perlindungan social   pada  semester II  tahun 2013,  program Jamkesmas, jumlah anggaran berasal  dari APBN mencapai 16 milyar  801.559.552 rupiah  untuk 4720 kasus rawat jalan dan rawat inap  , program Jamkesda dari APBD Kota dibantu  dari Provinsi  6,5 milyar , untuk  program   raskin dari  APBN untuk  14.675 RTS sudah mencapai dari 3 milyar 682.740 rupiah    plus dari APBD Kota Sukabumi untuk Dana Oprasional  RW - RT  2 milyar 420 juta agar beras raskinnya tidak dinaikkan.

Program Keluarga Harapan (PKH)


 Juni Thamrin dari Kemensos RI mengemukakan, bahwa Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program perlindungan sosial yang memberikan bantuan tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) dan bagi anggota keluarga RTS diwajibkan melaksanakan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan. 

Program ini dalam jangka  pendek bertujuan mengurangi beban RTSM dan dalam jangka panjang diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar generasi, sehingga generasi berikutnya dapat keluar dari perangkap kemiskinan.

Dikemukakan Ketua Bappeda Kota Sukabumi , Drs. H. Hamdan, MM , bahwa Tim Koordinasi PKH Kota Sukabumi, Sesuai dengan pedoman operasional kelembagaan PKH Direktorat Jaminan Sosial Kementrian Sosial RI 2012, Pembina Walikota Sukabumi, Pengarah Sekretaris daerah, Ketua Kepala Bappeda, Sekretaris Kepala Disnsosnakertrans, dengan dilengkapi anggota yakni Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala BPS, Kepala Kantor Wilayah Kementrian agama, Kepala Kantor Kominfo, Koordinator UPPKH dan Camat.

0 komentar :

Posting Komentar