Rabu, 16 Oktober 2013



                                                                           SUKABUMI –  

  


          Bagi segenap karyawan-wati dilingkungan Pemerintah Kota Sukabumi nama Dra. Yunita Nusmeri Sitepu, MM, sudah tidak asing lagi ,,kelahiran Lebak  3 juni 1968, sebagai anak pertama R.M. Sitepu dari  4 bersaudara,  .Selama mengenyam pendidikan dari  mulai tingkat  Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas Negeri  di Kota Sukabumi, (1981 s/d 1987,  SDN Cikole I SMPN I dan SMAN I. ).

        Cita-cita untuk menjadi seorang Pegawai Negeri sipil (PNS) , terbersit sejak duduk dibangku SMPN  dan Alhamdulillah “ungkapnya” setelah lepas dibangku Sekolah Menengah Atas  diterima   di APDN bandung jurusan ilmu pemerintahan dan  lulus dengan menyandang gelar D-III pada tahun 2004. 

Dra. Yunita Nusmeri Sitepu, MM,  menyandang gelar  S-1 pada  universitas Lalang Bhuana Bandung jurusan ilmu sosial dan politik , sedangkan  S-2 di Institut pengembangan wiraswasta Jakarta jurusan ilmu pemasaran.



Pengalaman Dalam Jabatan ;

          Dari 25 januari 1994 sampai dengan 12 oktober 1994 mendapat kepercayaan untuk menduduki jabatan sebagai Kepala Kelurahan Nanggeleng Kecamatan Citamiang, kemudian dari tahun 1994 alih tugas menjadi Kepala Kelurahan  Gunung parang Kecamatan Cikole dan selanjutnya memangku jabatan baru menjadi  PLH Ka Sub Bag tata Usaha Kantor Sospol,  kemudian dari tnggal  11 agustus 1997 s/d 10 oktober 2001  ,menduduki jabatan   Kasi Pariwisata KPLP, 10 agustus 2001 s/d 14 juni 2001 , Kasie Pariwisata KPO dari 15 juni 2001 s/d 14 februari 2007.

Kasub bag Tata usaha pada KPO 15 februari 2007 s/d 28/1 2009, Ka Sub Bag Rencana Program Disporabudpar 29 januari 2009 s/d 21/10 2010, Sekretaris Kecamatan Cikole 22/10 2010 , Sekretaris Kecamatan Baros  23/4 2013 dan dari 30 september 2013 sampai dengan sekarang menduduki Camat Kecamatan baros.



Kursus/Latihan Dalam dan Luar Negeri;

        Mengikuti Kursus atau latihan dalam dan luar negeri, Diklat tertulis Pariwisata tingkat dasar (jarak jauh) tahun 2003 di sukabumi, Out Bound Management Training  13 s/d 15 mei 2005, Bintek dan Ujian Nasional Pengadaan barang dan jasa pemerintah  tahun 2006 dan Pelatihan ujian ahli pengadaan barang dan jasa pemerintah dari tgl 18 s/d 20 juli 2007.di bandung.

          Ketika ditemui Camat Kecamatan baros Dra. Yunita Nusmeri Sitepu, MM, disela-sela kesibukannya mengemukakan ; “Saya memiliki obsesi  bahwa seluruh kelurahan yang berada diwilayahnya mampu  menjadi kategori kelurahan swakarya. karena dari empat kelurahan yang  ada, hanya baru satu yang telah menaiki tangga menjadi kategori swakarya”.

”Kelurahan yang masuk kategori Swakarya baru hanya  Kelurahan Sudajayahilir, sedangkan selebihnya masih dalam kategori swadaya. Yakni, Kelurahan Baros, Jayaraksa dan Jayamekar,”kamis (17/`10) 2013”.

Dikemukakannya, sebagai  Indikator kelurahan dengan kategori Swakarya. Adalah telah  mulai menpergunakan alat - alat dan teknologi, tidak terisolasi lagi walau letaknya jauh dari pusat perekonomian dan telah memiliki tingkat perekonomian, pendidikan, jalur lalu lintas dan prasarana lain.

“Sebaliknya kelurahan yang masih kategori swadaya, katanya mata pencaharianya homogen dan bersifat agraris, tertutup, masyarakat memegang teguh adat, teknologi masih rendah dan sarana dan prasarana sangat kurang. “Peningkatan kategori juga sebagai indikator meningkatnya sumber daya manusia, makanya saya sangat berobsesi meningkatkan statusnya,” .

“Saya berkehendak  bisa lebih dekat dengan warga, karena masyarakat di wilayah itu sangat mendambakan kehadiran pimpinannya dalam setiap kegiatan sosial. “Lima bulan saya menjabat Sekretaris Kecamatan  sebelum diangkat menjadi camat ini, sedikitnya saya memahami karakter masyarakat di sini. Dengan jabatan sekarang ini, insya allah saya akan berupaya untuk memberikan yang terbaik,” katanya.

Makanya, tambah Yunita sebagai langkah awal dalam mengambil kebijakan saat ini. Dirinya, terlebih dahulu melakukan pembenahan secara intern dan  konsolidasi dengan stafnya  yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat. “Beberapa hari setelah dilantik, saya melakukan pembenahan intern. Ini perlu agar komitmen pelayanan semakin baik untuk meningkatkan kinerja,” ujarnya/Akiryadi/dens

0 komentar :

Posting Komentar