Rabu, 04 Juni 2014



Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, SH MM

Beberap jenis Ikan Yang Hidup di Sungai Nyaris Punah 
  Sukabum,


Disinyalir beberapa jenis ikan air tawar yang biasa hidup perairan sungai  semakin jarang ditemukan dan nyaris punah, sedangkan dulu  di sungai-sungai yang mengalir di kota sukabumi menjadi habitat species ikan seperti genggehek,beunteur dan juga ada species ikan namanya arelot.

Kini Semua jenis-jenis ikan tersebut  mulai banyak yang hilang,"ungkap " WaliKota Sukabumi Mohamad Muraz, SH,MM pada acara Forum Koordinasi dan Sinergitas Program UPT Budidaya Air Tawar DJPB 2014 yang dibuka secara resmi oleh Dirjen Perikanan Budidaya Kementrian kelautan dan Perikanan Dr.Ir.H.Selamet Subiakto, M.Si Rabu (4/6/2014).

Sebenarnya menurut Walikota bahwa ikan dari sungai tersebut banyak yang mengandung nilai protein tinggi. "Seperti ikan beunteur itu sangat nikmat untuk dimakan," disamping untuk konsumsi, juga banyak yang memiliki nilai jual sebagai ikan hias. Salah satunya ikan arelot yang berbentuk pipih dan panjang.

"Dulu ikan arelot kalau terpancing langsung dibuang lagi ke sungai. Tapi sekarang saya lihat di Jakarta jadi ikan hias dan harganya cukup tinggi," ujarnya

Selanjutya Walikota  mengharapkan ikan-ikan air tawar yang hidup di sungai dapat dikembangkan atau dibudidayakan. "Bisa dikembangkan menjadi ikan khas Kota Sukabumi,"

0 komentar :

Posting Komentar