Minggu, 18 Maret 2012

 Sukabumi,

Pembangunan Terminal Type A, tepatnya di Jalan Lingkar Selatan Kota Sukabumi, menurut rencana akan dilanjutkan kembali pada tahun 2012 ini. Sebab menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Sukabumi, Doktor H.M.N. Hanafie Zain, M.Si., pembangunan terminal tersebut sempat tertunda selama satu tahun, karena menyangkut masalah dana. 

Adapun dana untuk melanjutkan pembangunan terminal tersebut, mencapai 4 milyar rupiah, berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Sukabumi Tahun 2012. Dikatakannya, dana tersebut sudah dapat diakses, hanya tinggal mempersiapkan dan mematangkan pelaksanaan pembangunannya saja. 

Kepala Bappeda Kota Sukabumi menandaskan, jumlah dana tersebut tidak akan mencukupi untuk membiayai pembangunan terminal secara keseluruhan. Namun demikian, dengan jumlah dana tersebut, Pemerintah Kota Sukabumi sudah bisa membuka akses trayek bus dan angkutan umum di Kota Sukabumi. 

Untuk itu, Pemerintah Kota Sukabumi melalui dinas-instansi dan lembaga terkait, sudah merancang sejumlah ruas jalan, yang akan dilewati trayek bus dan angkutan umum di wilayah Kota Sukabumi. Diantaranya, untuk bus jurusan Bandung menuju terminal Kota Sukabumi, direncanakan melewati Jalan Baros, untuk selanjutnya masuk melalui gerbang belakang terminal. Sedangkan dari terminal Kota Sukabumi menuju Bandung, direncanakan melalui Jalan Lingkar Selatan, untuk selanjutnya masuk ke Jalan Baros. Adapun untuk bus jurusan Jakarta menuju terminal Kota Sukabumi, direncanakan melewati Jalan Cikondang, untuk selanjutnya masuk melalui gerbang belakang terminal. Sementara dari terminal Kota Sukabumi menuju Jakarta, direncanakan melalui Jalan Lingkar Selatan, untuk selanjutnya masuk ke Jalan Cikondang. Dikatakannya, ruas-ruas jalan yang akan dilewati trayek bus tersebut, hanya bersifat sementara, sebelum ruas Jalan Lingkar Selatan selesai secara keseluruhan. 

Kepala Bappeda Kota Sukabumi mengharapkan, pembangunan lanjutan terminal tersebut dapat segera dilaksanakan, supaya dapat selesai dan dioperasikan pada akhir tahun 2012 ini. Karena apabila terminal tersebut telah dioperasikan, dapat berdampak pada peningkatan kesejahteraan dan perekonomian warga masyarakat, khususnya yang berdomisili di sekitar terminal tersebut./Endang S


0 komentar :

Posting Komentar