Senin, 29 September 2014




Sukabumi,
Tampilnya Kelurahan Subangjaya Kecamatan Cikole Kota Sukabumi sebagai juara I dalam lomba kelurahan tingkat nasional , sebagai motor penggeraknya secara terpadu  adalah LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat), Karang Taruna, TP. PKK, Tokoh agama dan BKM  dalam menggelorakan  semangat partisipasi masyarakat terhadap pembangunan.

Kepala bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, Iskandar, SSTV ketika menerima rombongan tamu  16 Kepala kelurahan Pemda  Kota Bogor yang melakukan study banding /belajar di kota sukabumi di ruang pertemuan Setda (29/9) 2014, dengan dihadiri Sekretaris Kecamatan Cikole Asep Koswara, MM , Ketua LPM, dan Lurah Subangjaya serta undangan lainnya.

Hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai “ungkap” Iskandar  melalui swadaya  masyarakat meliputi pembangunan jalan tembus Kokon Komariah sepanjang lebih kurang 1 km, pembangunan taman pemakaman yang berwawasan lingkungan dan Poliklinik Salma serta hal-hal lain yang banyak menyentuh terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Di bidang ekonomi saat ini telah berjalan peternakan sapi sebanyak 60 ekor dan budidaya ikan lele yang dikelola oleh masyarakat dan hasil produksinya diperuntukkan bagi masyarakat, bukan itu saja limbah kotoran sapi  dioleh menjadi pupuk dan bio gas dan  susu yang basi diolah menjadi penganan kerupuk.” Ujarnya.

Menurut Ketua LPM Kelurahan Subangjaya, Drs Amir Makhmud,KH “ Kami bergerak melalui langkah Koordinasi, Integrasi dan Sinkronisasi ( KIS) dalam menyelaraskan antara kebijakan pemerintah daerah  dengan aspirasi yang berkembang di masyarakat, sehingga lahir yang namanya BangJali (Subangjaya Peduli).

“Melalui pendekatan religi sesuai dengan kultur masyarakat, pada setiap kesempatan pertemuan apa saja  secara gencar dilakukan sosialisasi tentang berbagai program pemerintah daerah, baik dari sisi pemerintahan, pembangunan maupun kemasyarakatan, sehingga lahir nuansa kebersamaan dan keterpaduan antara Pemerintah, pihak Swasta dan masyarakat” ungkapnya.

Menurut Camat Kecamatan Bogor selatan, Drs. Heri Karnadi (Ketua rombongan) , “ Kami datang ke kota sukabumi PP untuk menghindari arus  kemacetan lalu lintas ,sengaja    menggunakan angkutan darat Krd. Parahiangan , berinisiasi untuk belajar di kota sukabumi, tentang kiat kiat yang telah dilakukan oleh Pemda Kota Sukabumi,  sehingga Kelurahan Sibangjaya mampu tampil sebagai juara I dalam lomba kelurahan di tingkat nasional /derndayasa, SIp

0 komentar :

Posting Komentar