Kamis, 04 September 2014



 Sukabumi,

Walikota, H. Mohamad Muraz, SH,MM menyambut antusias atas prakarsa yang dilakukan oleh Kodim 0607 dalam  pembuatan 7000 lubang resapan biopori di wilayah hukum pemerintah kota sukabumi ,  sebagai langkah promotif yang dapat mendorong segenap lapisan masyarakat  upaya mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah.


Pencanangan pembuatan lubang resapan biopori dilangsungkan di jalan R. Syamsudin SH,  jumat (5/9) 2014  ditandai dengan pembuatan 4  lubang tersebut masing-masing oleh Walikota, Wakil Walikota, Dandim 0607 dan Ka Polresta pada  ruang terbuka hijau (RTH)  balaikota. 




Walikota menghimbau kepada seluruh aparat wilayah Camat , lurah dan  para ketua RW dan RT untuk mengajak warganya membuat lubang resapan biopori tersebut dengan memanfaatkan halaman rumah masing-masing , upaya memperluas  penyerapan air, sebagai penanganan limbah organic  dan meningkatkan kesehatan tanah. 


“Peningkatan daya resap air pada tanah dilakukan dengan membuat lubang pada tanah dan menimbunnya dengan sampah organik untuk menghasilkan kompos. Sampah organik yang ditimbunkan pada lubang ini  dapat menghidupi fauna tanah,  mampu menciptakan pori-pori di dalam tanah. Teknologi sederhana ini disebut dengan nama biopori.( metode ini dicetuskan oleh Dr. Kamir R Brata,   peneliti dari Institut Pertanian Bogor)”
Dandim  0607 , Letkol Armed Sarifudin, S.Sos., M.Si., mengemukakan, bahwa pembuatan lubang resapan biopori  khususnya di kawasan Makodim 0607 , saat ini sudah mencapai 2 ribu lubang  yang dibuat oleh para  Anggota .


Pada hari sama dilaksanakan pula senam kesegaran jasmani dan sepeda santai keliling kota yang dilepas dan diikuti Walikota, Wakil Walikota, Unsur muspida bersama sama Kepala OPD berserta karyawan dan masyarakat.

Rute Sepeda Santai , start  Halaman  Balai balaikota,  jalan Suryakencana, jln. Perintis Kemerdekaan, Jenderal A. Yani, Jln. Gudang, Jln. R.E. Martadinata, Jalan Siliwangi, Jln. R.Syamsudin, S.H. dan kembali  finish di halaman  Balai Kota . /dendayasa,SIp



0 komentar :

Posting Komentar