Sabtu, 17 Mei 2014



"UCUP" ( Ulet, Cerdas, Ulung dan Profesional )
Sukabumi,
Nama lengkapnya cukup pendek “ UCUP “ ( 38 th ) warga RT 27 RW. 08 Kampung Sirnagalih Desa Sukadjaya Sukabumi,  Ia adalah  putra satu-satunya pasangan antara Dedy dan Omay seorang kuli bangunan yang aktif sebagai anggota pertahanan sipil di kampung halamannya.

Menginjak usia remaja,  UCUP tidak seperti anak-anak yang lainnnya, karena alasan  ekonomi ,  hanya mampu mengenyam pendidikan sampai   dibangku  klas 5 SD  (DMI), dengan tidak berpikir panjang , ia  mengikuti jejak langkah orang tuanya sebagai seorang kuli bangunan.

Ucup ternyata memiliki kepanjangan yakni   ( Ulet Cerdas Ulung dan   Profesional ), karena ia pandai membagi waktu dengan baik efektif dan efisien, untuk menutupi kebutuhan sehari-harinya disamping sebagai seorang kuli bangunan juga rajin  beternak domba, sehingga dalam waktu tidak terlalu lama ia mampu membangun sebuah rumah yang semi permanen dibawah tebing di kampung halamannya.

Sebagaimana pribahasa mengatakan “ Sudah jatuh tertimpa tangga”, , karena baru saja  memilki rumah cukup sederhana  (RCS ) dari hasil jerih payahnya   ia   harus kehilangan rumah tempat tinggal berikut semua isi dan beberapa ternak peliharaannya ludes  tertimpa longsoran tanah (Erosi).

Apa hendak dikata “ungkapnya” Ini telah menjadi takdir Illahi , musibah itu diterimanya penuh dengan   keikhlasan dan kesabaran, “Mungkin ini sebuah perjalanan hidup Saya  yang harus dilalui, sehingga harus kembali kerumah  kontrakan” ujarnya.

Lebih kurang selama  2 tahun lamanya Ucup Bersama istri dan anaknya menempati sebuah  rumah kontrakan yang tidak jauh dari tempat tinggalnya, maka selama itu pula Ia banyak menerima job  atau tawaran pekerjaan dari masyarakat  untuk membangun tempat hunian penduduk termasuk Job atau   tawaran pekerjaan dari Balai Budidaya  Air Tawar (BBAT)Sukabumi.

Maka sejak itulah ketika memperoleh Job di BBAT, Saya merasa terpanggil untuk mempelajari cara-cara  beternak ikan  , maka selama itu pula waktu istirahat dimanfaatkan untuk belajar dan belajar cara beternak ikan yang baik dan benar , dari mulai teori  sampai ketingkat  teknis pengerjaannya.

Setahap demi setahap seiring  dengan perjalanan waktu,  UCUP kini telah menjadi seorang petani ikan yang cukup dibilang professional , mandiri serta dari hasil pengetahuan dan pengalamannya mampu menjadi seorang nara sumber handal   yang dapat     menggelorakan  semangat bertani menuju kearah kemandirian. 

Ketika dimintai keterangannya  oleh "Jekrem"   Sebagai modal utamanya adalah kejujuran, ketawakalan, keseriusan, silaturakhim, serta hormat kepada kedua orang tua yang telah bersusah payah membesar kita, Insya Allah segala bentuk usaha yang hendak dilakukan akan memdapat kemajuan"ujarnya
 
Melalui langkah 3 C yakni Koneksitas, Colaborasi dan Comercial, Ucup terus bangkit dan bangkit disamping menguasai ilmu pertanian ikan  kini telah  dilengkapi dengan ilmu marketing sehingga tidak heran apabila tingkat kesejahteraan keluarga UCUP semakin hari mengalami peningkatan dengan memiliki rumah sendiri dan lahan pertanian ikan (kolam) yang cukup  luas/Dendayasa,SIp

0 komentar :

Posting Komentar