Kamis, 15 Mei 2014





Sukabumi,  


Pameran merupakan suatu kegiatan strategis dan  sangat penting dalam bidang kesenirupaan, karena kegiatan pameran baik sekali kegunaannya  bagi siswa, seniman, pengamat seni rupa maupun bagi perkembangan seni rupa itu sendiri,  melalui pameran  seorang siswa bisa memperkenalkan karya-karyanya kepada public atau apresiator, baik dilingkungan sekolah ataupun masyarakat untuk dilihat, dinilai, dikagumi, atau dikritik.
 

Mencermati kondisi demikian Pemerintah Kota Sukabumi melalui   Dinas P dan K menyelenggarakan Pekan Kreativitas Seni Siswa dan Expo Pendidikan yang  dilangsungkan selama 4 hari dari tanggal 12 sampai dengan 15 Mei 2014 di kompleks Dinas P dan K  . Kegiatan tersebut  dibuka secara resmi oleh Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, SH MM,  dengan dihadiri unsur Muspida,  Kepala Organisasi Perangkat Daerah , Instansi Vertikal, para Pengawas dan para  Kepala Sekolah  Guru, para Orang Tua  Siswa, serta undangan lainnya.


Penyelenggaraan pameran bisa dilakukan di lingkungan  sekolah maupun di luar sekolah (masyarakat). Penyelenggaraan pameran di sekolah menyajikan materi pameran berupa hasil studi para siswa dari kegiatan pembelajaran kurikuler maupun kegiatan ekstrakurikuler dengan  materi pameran  berupa karya-karya seniman untuk diapresiasi oleh masyarakat luas.


 Kegiatan pameran memiliki fungsi utama sebagai alat komunikasi antara pencipta seni (seniman) dengan pengamat seni (apresiator).  bahwa fungsi utama dari pameran seni rupa pada hakekatnya untuk membangkitkan apresiasi seni kepada khalayak atau kalangan apresiator  disamping sebagai media komunikasi antara seniman dengan penonton”.


“Pameran merupakan wahana untuk menumbuhkembangkan apresiasi masyarakat tehadap seni. bentuk apresiasi terdiri  apresiasi kreatif dan apresasi afektif. Pada tataran apresiasi kreatif membawa pengamat untuk menggunakan rasio dalam menanggapi persoalan yang dihadapinya sedangkan apresiasi afektif lebih melibatkan perasaan sehingga pengamat merasa dan mengalami empati dan memperoleh rasa puas dari pada orang yang hanya melakukan apresiasi kreatif” 


Kepala Dinas P dan K Kota Sukabumi, Drs. Beni Haerani, M.M. mengemukakan bahwa  tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut  dalam  rangka memeriahkan dan menyemarakan peringatan Hardiknas  2014 yang diikuti   setiap kecamatan dan  masing-masing 1 perwakilan sekolah dari mulai jenjang pendidikan TK hingga jenjang pendidikan SMA dan SMK dalam kreativitas seni siswa serta  berbagai produk unggulan di sekolah. 

"Dalam peringatan Hardiknas Tahun 2014, para siswa dari Kota Sukabumi berhasil membawa pulang 3 medali emas, 1 medali perak dan 2 medali perunggu, dari ajang O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional) Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2014. Untuk medali emas diraih dari Cabor (Cabang Olahraga) Atletik Lompat Jauh, Karate Kata Puteri dan Karate Komite Putra, untuk medali perak diraih dari Cabor Atletik Lompat Jauh, serta untuk medali perunggu diraih dari Cabor Silat dan Karate. "ujatnya


“Para siswa yang berhasil membawa pulang medali emas dari ajang O2SN tersebut, akan menjadi duta Provinsi Jawa Barat dalam ajang yang sama Tingkat Nasional. Diharapkannya, para siswa tersebut, dalam ajang O2SN Tingkat Nasional, dapat membawa pulang kembali medali emas, guna membawa nama baik  Provinsi Jawa Barat dan Kota Sukabumi.ujarnya./Dendayasa, SIp








0 komentar :

Posting Komentar