Selasa, 27 Mei 2014


  Sukabumi,

 
Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, SH MM  unjuk kebolehan melalui permainan Bola Leungeun Seuneu ( Boles)  secara atraktif  pada acara  pawai budaya nusantara sebagai salah satu  rangkaian dari  Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ke-X di Kota Dumai Provinsi  Riau.  

Boles dengan diiringi music gendang penca merupakan salah  satu kesenian khas Kota Sukabumi yang sengaja diperkenalkan langsung oleh Walikota bersama staf dan anggota  IPSI  secara promotif kepada publik (seluruh angggota Apeksi).“ 
 
Rakernas  digelar  selama 3 hari dari tanggal 20 sampai dengan 22 Mei 2014 dan secara resmi dibuka oleh Gubernur Riau Annas Maamun dengan mengangkat tema “Kesiapan Pemerintah Kota dalam Menghadapi ASEAN Economic Community” , diikuit oleh 83 Walikota dari 98 Pemerintah Kota yang  terbagi dalam 5 Komisariat Wilayah (Komwil) APEKSI.

Sebagai ajang promosi  Rakernas dihiasi dengan penyelenggaraan   Indonesia City Expo yang  dikolaborasikan dengan kegiatan Dumai Expo yang diikuti seluruh kota se-Indonesia dan masing-masing daerah menampilkan  produk unggulannya.

Ketua Apeksi Dr. GS. Vicky Lumentut  mengemukakan “Salah satu tujuan dilaksanakannnya Rakernas Apeksi untuk mempercepat tercapainnya otonomi daerah , memajukan kota dan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya”. Penyeleggaraan Apeksi ini sangat baik upaya menunjang pertumbuhan ekonomi bagi daerah dan pemerintah kota yang tergabung dalam asosiasi.

Dikatakan Walikota Manado , Rakernas Apeksi 2014 diharapkan mampu menjadi ajang promosi daerah dalam rangka mempercepat pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan nilai investasi. Rakernas sangat penting sebagai salah satu upaya mencari cara meningkatkan daya saing daerah. “walikota bisa adu argumentasi mencari yang terbaik. Utamanya tentang pelayanan dan perizinan yang lebih baik lagi,” jelasnya.

Ketua Apeksi  minta , agar daerah untuk lebih mengembangkan dunia usaha dengan cara  memberikan stimulant kepada swasta dengan cara memberikan  kemudahan kepada investor. Pemda harus dinamis, membuat terobosan-terobosan bagi peningkatan  kesejahteraan masyarakat”

Gubernur Riau Annas maamun mengharapkan  kepada seluruh Walikota bersemangat untuk membangun kota sendiri. Pasalnya, dilapangan masih terdapat banyak warga miskin, pembangunan terbengkalai dan membutuhkan bantuan pemerintah.
“Mari kita perbaiki niat untuk mensejahteraan masyarakat dan meningkatkan kinerja darmi Indonesia yang lebih baik lagi. Mottokan dalam diri setiap walikota, gagal sekali jangan menyerah,” pesan Annas kepada peserta Rakernas”.

Rakernas dihadiri, Direktur Eksekutif Apeksi, Sekretariat Dirjen Kemnterian Luar Negeri, Sekjen Kerjasama perdagangan internasional RI, Walikota Dumai, dan Walikota se-indonesia.

Yang cukup menarik dari rangkaian rakernas Apeksi di kota dumai ini adalah tampilnya berbagai atraksi dan kesenian daerah anggota Apeksi dalam pawai budaya nusantara. Cara ini dukup mengundang antusias masyarakat karena  langsung dipimpin oleh walikota masing-masing daerah dengan menggunakan pakaian adat.

0 komentar :

Posting Komentar