Kamis, 19 Januari 2012


Kejaksaan Negeri (Kejari) Sukabumi  E. Suprihanto.   memberikan  1.400 bibit tanaman buah dan bunga untuk ditanam di 7 wilayah  Kecamatan se Kota Sukabumi, 
  Sukabumi-
      PENGHIJAUAN adalah salah satu kegiatan penting yang harus dilaksanakan secara konseptual dalam menangani krisis Iingkungan. Begitu pentingnya sehingga penghijauan sudah merupakan program nasional yang dilaksanakan di seluruh Indonesia. Termasuk di Jawa Barat  dan sekitarnya Penghijauan dalam arti luas adalah segala daya untuk memulihkan, memelihara dan meningkatkan kondisi lahan agar dapat berproduksi dan berfungsi secara optimal, baik sebagai pengatur tata air atau pelindung lingkungan. Ada pula yang mengatakan bahwa penghijauan kota adalah suatu usaha untuk menghijaukan kota dengan melaksanakan pengelolaan Taman-taman kota, taman-taman Iingkungan, jalur hijau dan sebagainya. Dalam hal mi penghijauan perkotaan merupakan kegiatan pengisian ruang terbuka di perkotaan. Pada proses fotosintesa tumbuhan hijau mengambil CO2 dan mengeluarkan C6H1206 serta peranan O2 yang sangat dibutuhkan makhluk hidup. Oleh karena itu, peranan tumbuhan hijau sangat diperlukan untuk menjaring CO2 dan melepas O2 kembali ke udara. Di samping itu berbagai proses metabolisme tumbuhan hijau dapat memberikan berbagai fungsi untuk kebutuhan makhluk hidup yang dapat meningkatkan kualitas lingkungan. Begitu pentingnya peranan tumbuhan di bumi ini dalam menangani krisis lingkungan terutama di perkotaan, sangat tepat jika keberadaan tumbuhan mendapat perhatian serius dalam pelaksanaan penghijauan perkotaan sebagai unsur hutan kota.


            Menyikapi kondisi demikian  Kejaksaan Negeri (Kejari) Sukabumi  memberikan  1.400 bibit tanaman buah dan bunga untuk ditanam di 7 wilayah  Kecamatan se Kota Sukabumi, Jumat pagi 20 januari 2012. Penanaman pohon yang digelar di halaman Mesjid Abdurrahman Bin Auf Pondok Pesantren Hayatan Thoyibah, Kecamatan Gunungpuyuh dihadiri oleh Kajari Sukabumi E. Suprihanto, Wakil Walikota Sukabumi Mulyono, Sekda M. Muraz, Ketua DPRD Kota Sukabumi Aep Saepurrahman dan unsur muspida lainnya

         "Pelaksanaan penanaman pohon ini merupakan dari Kejaaksaan Tinggi Jawa Barat, sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan yang hijau," kata Kajari Sukabumi E. Suprihanto.

             Dijelaskan Suprihanto, untuk di Kota Sukabumi jumlah bibit tanaman yang diserahkan sekitar 1.400 batang dengan jenis tanaman Jambu Biji Merah dan Bunga Kuncup Merah. Tujuannya, untuk kembali menyadarkan kita semua bahwa sangat pentingnya menjaga lingkungan tetap hijau dan merawatnya. Karena lingkungan yang hijau dan terawat memberikan manfaat yang besar sekali bagi kehidupan saat ini dan yang akan datang.

       "Yang terpenting bukan menanamnya, melainkan bagaimana kita bisa merawat dan menjaga tanaman ini hingga tumbuh dan besar dengan baik," ungkapnya.

        Wakil Walikota Sukabumi Mulyono mengatakan, kalau dilingkungan sekolah dan pesantren sangat dimungkinkan untuk pemeliharaannya, namun yang menjadi masalah adalah bagaimana merawat tanaman di lingkungan luar. Untuk itu hendaknya, seluruh pihak yang begitu peduli dengan menanam berbagai jenis pohon harus bisa untuk merawatnya juga.

            "Saya berharap semua elemen masyarakat mempunyai spirit dan semangat untuk merawat tumbuhan yang sudah ditanam sehingga berkembang dengan baik," ungkapnya. (dens/Herry) 

0 komentar :

Posting Komentar