Senin, 26 September 2011

Sukabumi,SENTANAonline.com

BUDAYA gotong-royong  masih melekat dimasyarakat Jawa Barat. Buktinya, warga Desa Girimukti, Kecamatan `Ciemas, Kabupaten Sukabumi mampu membangun jalan secara swadaya. Selain itu,  mereka juga membangun kantor desa yang cukup megah tanpa bantuan pemerintah.
Padahal, desa yang berada diwilayah selatan Sukabumi itu masuk kategori Inpres Desa Tertinggal(IDT). Dengan bergotong-royong, warga  pemekaran Desa  Ciemas tersebut membuka jalan baru dari Kampung Balewer hingga Desa  Girimukti sepanjang 10 km. Jika dinilai dengan uang, pembangunan jalan tersebut menghabiskan dana hingga ratusan juta.
Selain pembangunan jalan, warga desa Girimukti juga berhasil mewujudkan pembangunan Kantor Desa Girimukti. Gedung yang dibangun diatas lahan seluas 2.600 meter persegi dengan luas abangunan 18x6 meter menghabiskan dana Rp 300 juta. Di dalamnya terdapat ruangan Kades, sekdes, Kaur Pemerintahan, Kaur Pembangunan, Kaur Kesra, BPD serta ruang rapat yang mampu menampung sebanyak 300 orang.
Kini, pembangunannya telah selesai, tinggal  pembangunan pagar.
Kades Girimukti, Zaenuddin memuji  besarnya sikap gotong-royong warganya merupakan warisan nenek moyang bangsa Indoensia. Dia mengatakan, pembangunan jalan dan kantor desa merupakan kecintaan warganya terhadap desa. “Budaya gotong-royong merukapan modal terbesar dalam membangun desa. Dengan gotong-royong, apapun keinginan masyarakat bias terwujud,”ujarnya ketika ditemui diruang kerjanya beberapa waktu lalu.
Diungkapkan, kades, masih banyak impian yang ingin diwujudkannya bersama warganya. Meski budaya gotong-royong masih kuat, dia berharap, pemerintah melanjutkan pembukaan jalan Palabuhanratu-Ciwaru. Hal itu mengingat, Desa Girimukti memiliki potensi wisata yang cukup menawan dengan  garis pantai sepanjang 17 km. “Kami juga mengharapkan peningkatan jalan terutama yang menuju kawasan pantai wisata,”ujarnya.
Selain itu, dengan pengaspalan jalan, kata Zaenuddin, akan mempermudah pengangkutan hasil pertanian. Selain memilik pantai yang indah, desa tersebut juga penghasil pertanian, seperti padi, cengkeh, dan buah-buahan.
Wakil Ketua BPD Desa Girimukti, Taufik Rohmi mengatakan, dengan terwujudnya jalan dan kantor desa, akan meningkatkan pelayanan terhadap warga. Eratnya hubungan antar warga, katanya merupakan rutinnya siltarrahmi yang dilakukan maik sesame warga maupundengan pemerintah desa. Pada peresmian kantor desa nanti, dia berharap, Bupati Sukabumi bias meluangkan waktu  untuk dating ke desanya. “Kami juga akan mengundang delapan Kades se Kecamatan Ciemas,”katanya. (GYF)

0 komentar :

Posting Komentar