Kamis, 22 September 2011


Kota Sukabumi-Pelita

Masyarakat petani yang memiliki areal persawahan di RW 04,06 dan 11, tidak lama lagi akan merasa tenang, karena bendungan dan saluran irigasi yang terletak di Rt 01/04 Kp. Kubang Kelurahan Sukakarya Kecamatan Warudoyong saat ini sedang dibangun oleh Panitia Pelaksana Dana Hibah tahun 2011 Kelurahan Sukakarya.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Dana Hibah Tahun 2011 Kelurahan Sukakarya, Taufiqurohman saat ditemui dilokasi mengatakan, pengerjaan bendungan yang membentang di sungai Cigunung sepanjang 25 meter dan saluran irigasi sekitar 50 meter sudah sekitar 60 persen dan diperkirakan dalam hitungan beberapa bulan akan selesai dikerjakan.

“Jika irigasi ini bendungan dan saluran ini selesai dikerjakan, bisa mengalirkan air bagi 25 hektar areal sawah yang terdapat di ketiga RW tersebut,” katanya yang didampingi pula Humas Panitia Pelaksana Dana Hibah tahun 2011 Kelurahan Sukakarya, Tatang Kamil Kamis (22/9).

Dijelaskan Taufiq, pengerjaan pembangunan bendungan dan saluran irigasi tersebut memakan biaya Rp. 150 juta dari anggaran dana hibah Pemkot Sukabumi tahun 2011 berdasarkan pengajuan pada tahun 2010 lalu. Dimana untuk pembangunan bendungan dan saluran irigasi di Rt 01/4 Kp. Kubang ini masuk dalam sakla prioritas.

“Sebelum dimulai pengerjaan kita mengajukan 2 lokasi yaitu di Rt 01/4 Kp. Kubang ini dan satu lokasi di Raweuy. Setelah konsultasi dengan pihak Pemkot akhirnya diputuskan kami melakukan pengerjaan proyek yang saat ini sedang dikerjakan, karena untuk pembangunan saluran irigasi di Raweuy sudah masuk dalam program Dinas Pertanian Kota Sukabumi,” ujarnya.

Lebih lanjut Taufiq mengungkapkan, sebelum mengajukan pembangunan bendungan dan irigasi tersebut pihaknya terlebih dahulu melakukan rapat  dengan pihak kelurahan, RT, RW dan perwakilan dari masyarakat. Sehingga tidak benar kalau pengerjaan pembangunan bendungan dan irigasi yang kami lakukan ini hanya diputuskan secara sepihak saja, karena biar bagaimanapun manfaat dari  pembangunan saat ini akan dirasakan oleh masyarakat.
“Kami berharap pembangunan ini bisa cepat selesai dan akan bermanfaat bagi masyarakat khususnya petani,” ungkapnya.

Sementara itu Tatang kamil mengatakan, apabila pengerjaan pembangunan bendungan dan irigasi ini telah selesai. Pihaknya akan mengajuka perbaikan jembatan gantung sepanjang 25 meter yang menghubungkan antara wilayah kelurahan Sukakarya dengan Desa Sukamantri Kabupaten Sukabumi yang saat ini kondisi rusak parah dan terancam ambruk.

“Karena ini menyangkut dua wilayah, kami akan coba lakukan koordinasi. Karena jembatan tersebut setiap hari dipakai untu perlintasan warga untuk menyeberang khususnya anak-anak sekolah,” ungkapnya. (bud/4)   
  

0 komentar :

Posting Komentar