Kamis, 22 September 2011

Kota Sukabumi-Pelita

Sekretaris Umum Gerakan Kepanduan (Hizbul Wathan) Muhammadiyah Pusat, Bambang Gunawan melantik dan mengukuhkan kepengurusan HIzbul Wathan Cabang Sukabumi di Aula Pertemuan Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Rabu (21/9). Hadir dalam kegiatan tersebut Pengurus Hizbul Wathan Wilayah Jawa Barat Asep Jajuli, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sukabumi Ade Rahmatullah dan para pengurus Qabilah (Gudep) Hizbul Wathan se Sukabumi raya.

Dijelaskan Sekretaris Umum Gerakan Kepanduan (Hizbul Wathan) Muhammadiyah Pusat, Bambang Gunawan, Hizbul Wathan didirikan pada tahun 1918 oleh Pendiri Muhammadiyah KH. Ahmad Dahlan dan merupakan gerakan kepanduan yang tertua di Indonesia meskipun pada waktu itu juga ada gerakan kepanduan yang didirikan oleh Belanda.

“Hizbul Wathan merupakan gerakan kepanduan yang komitmen dalam pembinaan kader-kader agama, bangsa dan Muhammadiyah,” katanya.

Menurut Bambang, saat ini perkembangan Hizbul Wathan sangat bagus sekali dan akan terus berkembang, buktinya pengurus wilayah Hizbulwathan sudah berdiri di 25 propinsi se Indonesia. Karena di dalam Hizbul Wathan merupakan suatu pendidikan di luar sekolah, menyenangkan, bersifat sukarela, non politik dan diluar pemerintah.

“Sehingga setiap orang yang masuk di Hizbul Wathan bebas berkreasi untuk mengembangkan bakat dan kemampuan yang dimilikinya sesuai dengan tujuannya untuk menciptakan kader bangsa yang bermartabat,” ujarnya.

Lebih lanjut Bambang mengungkapkan, meskipun gerakan kepanduan Hizbul Wathan didirikan oleh Muhammadiyah namun tetap berhubungan baik dengan gerakan Pramuka yang didirikan oleh pemerintah. Karena pada dasarnya, konsep yang dijalankan pada dasarnya sama menjalankan maksud dan tujuan seluruh komponen bangsa yaitu membina generasi muda..

“Bahkan banyak juga tokoh-tokoh Hizbul Wathan di beberapa daerah saat ini merupakan tokoh-tokoh pramuka juga. Selama ini kita juga pernah di beberapa daerah melakukan kegiatan kepanduan bersama antara Hizbul Wathan dengan Pramuka,” ungkapnya.

Sementara itu menurut Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Sukabumi, H. Yana Fajar, dengan dibentuknya pengurus cabang Hizbul Wathan di Sukabumi, merupakan bagian dari kontribusi Muhammadiyah dalam penyemaian dan membentuk kader bangsa khususnya di Sukabumi menjadi kader muda yang bermartabat. (bud/4)  


0 komentar :

Posting Komentar